Jual Daya Tarik Wisata Daerah-mu!

Dalam perspektif bisnis sesungguhnya apapun yang ada disekitar kita adalah peluang. Asal kreatif dan pandai-pandai melihat peluang semua bisa jadi bisnis. Tidak terkecuali potensi-potensi wisata yang ada di daerah.

Setiap daerah provinsi, kabupaten dan kota memiliki potensi wisata masing-masing. Meski sebagian besar destinasi wisata favorit di Indonesia menawarkan pesona alam yang mengagumkan, sejatinya potensi wisata sangat tidak terbatas. Banyak daya tarik wisata yang menarik selain alam. Sebut saja kuliner, budaya, adat, tradisi, kesenian, bisnis, sejarah, event dan sebagainya. Potensi wisata setiap daerah juga sangat mungkin dikembangkan dalam berbagai rupa dan keunikan yang berbada-beda.

Saya beruntung karena lahir dan dibesarkan di Bangka Belitung. Potensi wisata alam daerah ini sangat exotik. Pengetahuan dan kecintaan terhadap keindahan wisata di tanah kelahiran inilah yang pada awalnya membuat saya antusias untuk turut serta memasarkannya. Saya sangat antusias menjual daya tarik wisata daerah kelahiran saya ini.

Berhubung saya suka travelling dan hobi blogging hal pertama yang saya lakukan adalah menjelajahi, menikmati dan menulis cukup banyak artikel seputar objek-objek wisata Bangka Belitung, seperti pantai-pantai, pulau-pulau kecil, kuliner, budaya, tradisi dan lain-lain. Tulisan-tulisan itu saya publikasikan di internet.

Dalam proses itulah saya sadar ternyata daerah saya yang kecil ini dianugrahi pesona alam, kuliner dan masyarakat multi etnis yang hidup secara berdampingan dengan harmonis. Sesuatu yang harus dijaga dan sudah sepantasnya saya syukuri.

Menyadari potensi tersebut saya kemudian belajar secara otodidak untuk mengemas beragam paket wisata dan menjualnya secara online. Dan, tak butuh waktu lama. Paket-paket wisata yang saya promosikan ternyata mendapatkan respon positif. Tak sampai 1 bulan klien pertama saya datang dari rombongan salah satu kementrian RI. (Lihat juga cara membuat paket wisata yang menarik disini)

Sejak itu pula saya menyadari peluang binis jasa perjalanan wisata sangat menarik dan menyenangkan. Selain bisa menyalurkan hobi jalan-jalan, menulis dan turut serta mempromosikan daya tarik wisata lokal, saya juga bisa mendapatkan keuntungan secara finansial.
281752_263165087032174_3863802_nMeski terkadang masih jengkel dengan perhatian pemerintah daerah terhadap sektor pariwisata yang terkesan setengah hati, namun saya tak ingin berpangku tangan. Saya tak mau teralu mengeluhkan persoalan itu.

Seiring berjalannya waktu, dalam 3 tahun terakhir ini saja perusahaan kami sukses mendatangkan dan melayani tidak kurang dari 4000 wisatawan lokal dan ratusan wisatawan dari 9 negara untuk menikmat pesona wisata lokal di Bangka Belitung.

Saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Ternyata orang-orang begitu tertarik untuk  berkunjung menikmati pesona keindahan wisata di daerah saya. Membantu dan melayani mereka, ah….. bahagianya bukan main!.

Saya yakin semua pemerintah daerah terus berupaya untuk memasarkan potensi wisata di daerah mereka. Berbagai strategi tentunya telah digulirkan demi mempromosikan tempat wisata yang mungkin belum dikenal banyak orang.

Nah, kamu juga bisa turut serta menjual potensi wisata daerahmu dan mendapatkan keuntungan finansial dengan membuat, menjual dan melayani wisatawan yang tertarik untuk berkunjung. Kalau kamu tidak malu untuk mempromosikan daerahmu, seharusnya pejabat daerah juga akan lebih berani untuk berperan menjadi salesman dalam memasarkan potensi wisata lokal di daerahnya.

Buat yang suka travelling, menulis atau fotografi tapi masih bingung mau bisnis apa?. Yuk, Jual Potensi Wisata Daerahmu!. Kamu tentu mengenal seluk-beluk wisata di daerahmu bukan?!. Meski keindahan sangat relatif, namun ada 3 unsur penting dalam melakukan promosi wisata ; 1). Apa yang bisa pengunjung lihat?. 2). Apa yang bisa mereka lakukan? 3). Apa yang bisa mereka beli?. Tiga pertanyaan itu harus terjawab untuk membuat orang-orang tertarik mengunjungi objek wisata daerahmu.

PS: Kenali, sayangi dan cintai daerahmu. Promosikan potensi wisata yang ada, buat paket wisata dan pasarkan. Kemusian, berikan layanan terbaik bagi mereka yang tertarik untuk berkunjung. Uang akan datang.

3 thoughts on “Jual Daya Tarik Wisata Daerah-mu!

  1. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Peluang Usaha ditempat wisata artikel yang terkait tersebut di PELUANG BISNIS DI TEMPAT WISATA YANG MENJANJIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *