Inspirasi Bisnis Sukses: Jack Ma dan Sukanto Tanoto yang Bisa Menjadi Inspirasi Bisnis Sukses

Sukanto Tanoto

Jaringan bisnis online marketpace Alibaba menempatkan nama Jack Ma sebagai orang terkaya kedua di Tiongkok pada 2015 versi Forbes. Diperkirakan, kekayaan pria kelahiran 10 September 1986 ini mencapai 21,8 miliar dollar Amerika Serikat (sekitar Rp284,8 triliun).

Sebaiknya, jangan hanya melihat nominal yang dimilikinya sekarang, namun simak juga kisah hidup Jack Ma yang menarik untuk diikuti.

Resep kesuksesan yang ia miliki ternyata hampir sama dengan kiat keberhasilan pengusaha sukses Indonesia, Sukanto Tanoto. Keduanya sama-sama menjadikan pendidikan sebagai faktor krusial yang mesti dimiliki dalam hidup.

Padahal, saat di bangku sekolah, Jack Ma sering gagal dalam ujian. Ia pernah dua kali gagal di tingkat sekolah dasar, dan tidak lulus tes sebanyak tiga kali saat sekolah menengah. Bukan itu saja, ia juga harus menempuh 3 kali tes saat hendak masuk ke perguruan tinggi.

Jack Ma tidak menyerah. Ia tahu persis bahwa pendidikan sangat penting. Saat kesempatan datang, ia terus menuntut ilmu setinggi mungkin. Salah satunya dengan mengambil gelar Master Business Administration di Cheung Kong University.

Serupa dengan kisah Jack Ma, Sukanto Tanoto, pendiri sekaligus Chairman Royal Golden Eagle ini sempat putus sekolah karena sekolahnya terpaksa ditutup dan ia harus mengelola usaha yang dikembangkan ayahnya. Namun, Sukanto Tanoto tetap belajar secara otodidak lalu menempuh beberapa pendidikan tinggi, alah satunya adalah di The Wharton School of the University of Pennsylvania.

Kisah dua pengusaha ternama itu bisa menjadi inspirasi bisnis sukses. Keduanya sama-sama memandang penting arti pendidikan dan menyadari betapa krusial pendidikan sebagai bekal dalam hidup.  “Kita harus selalu lapar untuk belajar. Bapak Sukanto Tanoto pernah bilang bahwa hari ketika  kamu berhenti belajar adalah hari kejatuhanmu,” ujar putera Sukanto Tanoto, Anderson Tanoto.

Sukanto Tanoto dan keluarga mewujudkan misinya untuk mengentaskan kemiskinan lewat pendidikan dengan memberi kemudahan untuk bisa mengakses pendidikan berkualitas. Harus diakui, karena keterbatasan finansial, fasilitas, hingga lokasi domisili, pendidikan bermutu masih sulit diperoleh oleh sebagian besar rakyat Indonesia.

Selai memberikan beasiswa Tanoto Fondation kepada para siswa, mahasiswa, dan guru melalui, Tanoto Foundation juga menggulirkan program Pelita Pendidikan untuk meningkatkan kualitas belajar, seperti memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan guru dilakukan, hingga perbaikan fasilitas sekolah.

Melalui kisah Jack Ma dan Sukanto Tanoto yang telah sukses dalam dunia bisnis, kita dapat belajar untuk tidak melupakan pentingnya pendidikan.

Dari kedua kisah di atas, mana yang paling menginspirasi Anda?

One thought on “Inspirasi Bisnis Sukses: Jack Ma dan Sukanto Tanoto yang Bisa Menjadi Inspirasi Bisnis Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *