Ikut Seminar Bisnis Tour and Travel, Penting Gak Ya ?

Seminar bisnis tour and travel nampaknya cukup laris di Indonesia. Umunya tentang peluang, potensi dan cara memulai bisnis travel. Ada juga yang spesifik membahas tentang travel haji dan umroh.

Tema dan pembicara-nya tentu saja beragam. Mulai dari kalangan motivator, pelakunya sendiri, hingga perusahaan dengan sistem marketing jaringan a la MLM. Sebagian lagi worshop-nya sambil jualan warala bisnisnya. Tidak ada yang salah. Saya sendiri merasakan hal semacam ini sangat positif.

Toh, Indonesia memang masih membutuhkan banyak pengusaha. Hal ini diperlukan agar negeri ini menjadi semakin kuat. Jumlah pengusaha di negara kita memang masih kalah jauh dengan negara-negara tetangga. Padahal kekuatan sebuah negara (salah satunya) sangat ditentukan oleh jumlah pengusahanya. Ada banyak study yang telah membuktikan hal ini.

Banyaknya penyelenggaraan seminar tentang peluang bisnis travel diharapkan bisa menjadi salah satu pemicu untuk guna meningkatkan jumlah pengusaha di tanah air. Apalagi bisnis travel tiket pesawat kini tidak membutuhkan dana besar untuk memulainya.

Peluang tersebut bisa jadi pilihan untuk menambah penghasilan. Bisa dikerjakan dari rumah. Dan banyak lagi keunggulan menarik lainnya.

Dalam blog ini misalnya, saya berbagi pengalaman nyata bagaimana saya memulai bisnis biro perjalanan wisata lokal dengan modal awal yang sangat minim.

Apa Sih Keuntungan Ikut Seminar

Bila Anda serius ingin memulai bisnis di bidang pariwisata, sebetulnya banyak media yang bisa digunakan untuk mempelajari detailnya. Peluangnya. Tantangannya. Dan seterusnya..dan seterusnya.

Dengan pesatnya internet, siapa saja bisa dengan mudah untuk googling menemukan cara-nya. Tengok saja kisah sukses guru-guru saya dalam bisnis travel. Baca di sini.

Mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya, “jadi ngapain lagi sih ikut acara seminar segala?”

Ya, beda dong. Belajar langsung dari ahlinya, bertatap muka langsung dan berguru dengan pelakunya, tentu saja sangat berbeda dibanding kita hanya mencari saran dan informasi sepotong-sepotong via internet atau buku.

Untuk bisa berhasil dan sukses, kita perlu praktik. Kita perlu mentoring yang lebih dalam. Nah dalam seminar / workshop biasanya para pembicara-nya akan melakukan pembahasan yang lebih mendalam. Lebih jelas. Lebih Terang. Lebih detail. Lebih bagus lah dibanding belajar sendiri tanpa guru.

Hanya saja, memang biaya untuk ikut seminar apalagi mentoring langsung itu belum tentu terjangkau untuk semua orang. Tapi kalau kita serius dan sungguh-sungguh ingin sukses, ya memang harus rela tebus biaya-nya.

Memangnya Apa Sih Manfaat Kalau Kita Ikut Seminar/Workshop Bisnis

Menurut saya ada banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan mengikuti seminar/workshop bisnis. Mau tahu?!. Hadiri saja seminar-nya. Nanti juga tahu sendiri.

Jadi sebelum memutuskan untuk memulai bisnis travel, meskipun sudah baca-baca tips dan langkah-langkahnya dari buku atau sebagian dari blog ini, saya tetap menganjurkan anda untuk ikut seminar atau workshop dan bila perlu ikut program mentoring.

Saya gak jualan seminar ya…hehe

4 thoughts on “Ikut Seminar Bisnis Tour and Travel, Penting Gak Ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *