Cara Membuka Usaha Tour Travel

travel tiket pesawat

wisataSektor pariwisata di Indonesia terus mengalami perkembangan yang mengembirakan. Minat dan antusiasme masyarakat untuk bepergian juga semakin meningkat. Liburan, bahkan menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi hampir semua orang.

Peluang bisnis tour travel masih terbuka lebar. Tak heran bisnis inipun menjadi ladang basah yang kian diminati banyak orang. Banyak diantaranya yang telah sukses, sebagain lagi memanfaatkan peluang ini sebagai bisnis sampingan. Meski demikian, sebagian dari kita masih bertanya-tanya, bagaimana cara membuka usaha travel ?.

Perhatian pemerintah terhadap sektor pariwisata semakin besar. Hal ini selaras dengan terus meningkatnya sumbangan sektor ini bagi pendapat negara. Nah, bagi anda (pemula khususnya) yang tertarik memulai usaha travel, saya akan sedikit sharing tentang peluang usaha yang cukup menggiurkan ini.

Cara membuka usaha travel tidak terlalu sulit. Jalan pintasnya adalah dengan mencari franchise tour and travel. Pembahasan tentang bisnis travel dengan cara membeli sistem franchise pernah saya bahas pada artikel berikut “Tips Memulai Bisnis Tour & Travel Dengan Modal Minim“.

usaha travel
Serius Mau Bisnis Travel. DAPATKAN Ebook-nya, KLIK GAMBAR

Saya tidak akan mengulang pembahasan tersebut. Kali ini saya akan berbagai sedikit pengalaman bagaimana saya memulai bisnis tour travel.

Sejak kecil saya sering dilarang orang tua untuk ikut kegiatan liburan bersama teman-teman sekolah. Alasan orang tua waktu itu macam-macam. Salah satunya faktor klasik yaitu ekonomi.

Selain itu keluarga saya yang lebih banyak tinggal dikebun (ketimbang dikampung), menjadi faktor lain yang membuat orang tua tak mengizinkan anaknya ikut kegiatan tamasya sekolah.

Seiring berjalannya waktu, saya justru menemukan kebahagiaan yang luar biasa saat jalan-jalan. Menikmati suasana pantai atau berkeliling menyusuri sudut-sudut kota membuat jiwa saya terasa semakin hidup.

Saya juga merasa sangat bahagia saat bisa melayani banyak orang. Selebihnya sejak dibangku kuliah saya sangat keranjingan dengan internet khususnya blog.

Jadi; jalan-jalan, melayani, dan internet merupakan tiga hal yang sungguh saya nikmati.

Kembali soal pengalaman saya membuka usaha travel. Sejak kembali dari tanah rantauan, saya kerja serabutan. 3 bulan setelah tinggal ditanah kelahiran barulah saya memutuskan untuk merintis usaha sendiri. Saya merasa dibimbing oleh alam untuk membuka bisnis travel.

Bisnis travel saya sejak awal tidak menjual tiket pesawat, tiket kereta api atau tiket kapal laut. Saya juga tidak menjual voucher hotel atau travel mobil. Hal pertama yang saya lakukan adalah membeli sebuah domain dan hosting. Kemudian membuat sebuah website dan saya kelola sendiri. Hampir semua konten website tersebut saya tulis dan buat sendiri dengan fokus utama seputar pariwisata Bangka Belitung.

Dalam perjalanan membangun website inilah saya belajar dan banyak menggali, menelusuri, sambil menikmati keindahan alam khususnya pantai, dan berbagai daya tarik wisata Bangka. Saya juga belajar tentang sejumlah bisnis yang terkait dengan pariwisata. Sembari belajar, bisnis tour travel online akhirnya mencul dibenak saya.

Modal awal yang tidak terlalu besar, marketing online, fokus pada pelayanan dan serta minat yang besar terhadap dunia pariwisata membuat saya akhirnya membulatkan tekat untuk menekuni bisnis travel.

Pada awalnya saya tak pernah berhitung dengan matang, berapa keuntungan yang bisa saya peroleh, kapan bisa balik modal, sampai kapan usaha ini akan bertahan dan seterusnya. Saya hanya mengikuti naluri dan minat saya yang bahagia dengan berbagai aktivitas dalam bisnis ini.

Produk pertama yang saya pasarkan adalah “paket tour Bangka Belitung“. Saya belajar otodidak tentang cara membuat paket wisata, cara menghitung komponen paket wisata, membangun kerjasama yang baik dengan berbagai hotel, restoran, guide dan lain-lain. Sembari berjalan, saya juga mulai membeli buku-buku tentang bisnis, tentang motivasi, dan membaca serta menonton berbagai video yang berhubungan tema-tema tersebut. Sementara itu berbagai aktivitas lain yang tidak terkait dengan usaha travel ini secara perlahan saya kurangi.

Begitulah awal cara membuka usaha travel yang saya lakukan. Meski tidak berisi tentang tips praktis, semoga sharing ini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang ingin merintis bisnis tour travel, tiketing, voucher hotel, sewa villa, maupun travel umrah.

49 thoughts on “Cara Membuka Usaha Tour Travel

  1. Mas mau tanya nih,kalo mau memulai buka bisnis tour wisata,apa sih mas yang hrus di persiapkan,kalo modal kita masih minim/tanpa modal,kan harus punya kendaraan pribadi/travelnya mz.

    1. Gak harus punya kendaraan pribadi dulu kok mas. Dulu modal awal saya 1 leptop + modem internet aja. Sebagian besar caranya ada dalam tip2 buka bisnis travel yang ada dalam ‘top artikel’ di blog ini ya…silahkan di simak lagi :D) Kalau ingin share lebih detailnya, bisa kontak saya langsung via email ya

  2. Wah pengalaman yang menarik. saya juga baru mulai buka usaha kecil kecilan untuk tour di Bali. Saya masih gaptek dalam hal membuat web untuk promosi. Kira kira hal hal apa yang perlu di cantumkan dalam web kita. Tks

  3. sya sdh memjual tiket psawat, tpi msih kerja sama dgn travel keuntungan d bagi, nah skrg sy ada pikiran utk berdiri sendiri, gmn carax? mksih

  4. saya baru berencana mo bisnis tour and travel, tapi ga mo urus izin dll
    gimana mas, dan cara memasarkannya sy sangat gaptek soal pemasaran
    karna perna jadi sales percetakan tapi sering ga dapat order ?

  5. Mas saya berencana mau membuka bisnis tour dan travel paket tour nya rencana saya aceh saja tpi saya bingung gmn cara memasarkannya dan bagaimana cara kita menghitung biaya paket perjalanannya saja dan cara menjalin kerjasama baik dengan hotel dan penyedia travel lain yang akan saling berhubungan dengan bisnis y kita jalani??mohon bimbingannya

  6. Salam Mas Hery..mohon share cara memghitung komponen wisata yg pernah mas buat, jika memungkinkan ada contohnya. Terimakasih banyak

    Salam,
    Teddy’s

      1. Mas Hari,

        Lengkap sekali materi cara mengihitung komponen wisatanya, ada contohnya pula. Terimakasih banyak.

        Salam,
        Teddy’s

  7. Salam kenal mas hari. Saya vebri, ibu rumah tangga dengan dua anak balita. Selama ini, pindah2 tempat tinggal, dari satu provinsi ke yang lain karena ikut suami dinas. Dan melihat banyak tempat yang wisata.Dari perjalanan itu, saya tertarik sekali ingin membuka usaha tour n travel. mohon saran atau tips membangun usaha ini, dengan kondisi saya yang belum bisa tinggal menetap disuatu daerah. Terimakasih untuk bantuannya dan artikelnya yang sangat menginspirasi.

    1. Salam kenal bu Vebri. Menurut saya ibu bisa saja buka usaha travel, namun lebih spesifik ke peket-paket liburan/tour. Apalagi ibu sudah menguasai detail objek wisata dari berbagai tempat/kota. Hal itu bisa dimanfaatkan dan menjadi modal besar bagi ibu utk menjual destinasi2 tersebut.

      Karena sering pindah2, jadi akan lebih fleksibel kalau ibu memuai dengan memanfaatkan internet. Meskipun tantangan dan persaingannya lumayan, tapi peluangnya masih tetap terbuka. Bisa dimulai dr yg simple dulu misalnya: (buat paket wisata-nya, tawarkan via sosial media). Kalau potensinya ibu rasa cukup bagus, baru bikin website berbayar, iklan berbayar dan seterusnya..

      Pengetahuan ibu ttg berbagai dayatarik dr tempat2 yg pernah ibu kunjungi merupakan modal berharga yg seharusnya bisa dimanfaatkan dg optimal.Terutama dlm hal meyakinkan klien.

      Demikian sedikit saran dari saya, Semoga bermanfaat

  8. gan, kakak saya udah jalan jasa pariwisata dngan armada travel, bis medium, bis besar keinginan saya mau buka usaha jasa biro gmna caranya? dan saya asing dngan wisata, trims

  9. mas, saya baru selese kuliah dan saya ingin membuka usaha tour and travel, bagaiamana kah langkah2 awalnya? saya tidak mengetahui apa2,, mohon bantuannya mas, trimakasi,
    salam saya

  10. Salam kang Hery..saya baru belajar bikin tour travel,mohon share cara memghitung komponen wisata yg pernah mas buat,saya juga ingin membuat paket umroh, jika memungkinkan ada contohnya. Terimakasih kang.

    Salam,
    Teddy’s

    1. Salam kang Edwin. Nanti untuk tips menghitung komponen paket wisata-nya akan coba saya posting diblog ini kang. Sukses utk bisnis travelnya ya. Amiin

      1. bang…sy saat ini trtrik dng usaha wisata alam. modal awal sy krg lbh sma dg prjlanan awal bang hari saat mniti krir. hobi sya naik gnung.sy rncanax akn mncoba usaha trip khusus ke gunung sj yg scara otomatis tdk prlu mmbutuhkan krjasama dg pihak hotel n pnginapan lainx krn qt bwa prlatan camping. kmudian jasa porter n guidex sy sndiri. bang apakah usaha msh trmasuk travel atw bgaimana…trus sarangx dong bang brhubung saat ini sy msih awam msalah usaha. trims

  11. mas hery…. saya baru mulai dan belajar usaha tour & travel,bisa dibantu / diberi contoh cara menghitung paket wisatanya……

  12. Sore Mas Hery..mohon maaf boleh Saya minta info dan contoh cara memghitung komponen wisata yg pernah mas hery buat?
    Terimakasih banyak

  13. Salam pak hari, saya berencana untuk buka tour and travel. Tapi saya masih buta untuk bisnis ini. Apa boleh saya minta bimbingan personal dengan pak hari? Mengenai cara membuka usaha hingga pergitungan keuntungan dan lain2? Terima kasih banyak sebelum nya. Salam sukses.

    1. Diblog ini saya masih sebatas berbagai pengalaman pak, mohon maaf belum bisa melayani konsultasi private. Tapi kalau hanya sekedar tanya jawab, selagi saya bisa tentu dengan senang hati akan saya jawab..

  14. Mas hari,pengalaman saya hmpir sama seperti mas hari.Saya suka jln2,akhirx saya pingin pnya usaha tour n travel dgn nama saya sendiri,khususx di bidang pariwisata/paket wisata.yg saya tanyakan untk memulainya,apa saya hrs nge sub agen dulu supaya pnya nama resmi di PT² yg sdh pnya nama / gmn?
    Soalnx ada yg bilang travel abal²,dan ada yg blng klu g resmi n ada razia dari dinas pariwisata kt akan kena sanksi(apa itu benar)

    1. Wah senang dengar ceritanya mas Imam. Bisa mas kalau mau jadi sub atau beli waralaba travel biar lebih mudah (kalau ada modalnya). Tapi memang modal jadi kendala, jalan aja dulu apa adanya. Perusahaan sebesar yahoo dan google aja belum pernah tuh dirazia hehe…Prinsipnya kalau memang sudah ada modal langsung segera urus izinnya pak. Lagi di banyak daerah setahu saya, perseorangan juga boleh kok mengajukan ijin usaha travel. Gak hasrus badan usaha.

  15. salam bang hari. saya baru saja lulus kuliah dan sangat menginginkan untuk punya biro jasa tour n travel ini. Modal peralatan saya sudah ada. Yang saya bingung yaitu langkah pertama untuk memulai usaha ini. Apakah saya harus memiliki relasi semisal, PO Bus, Hotel, dan restoran dahulu atau bagaimana ? Mohon pencerahan dan motivasinya, terimakasih…

  16. sebenarnya apa yang paling mudah dan jitu yg bisa kita lakukan apabila paket wisata kita bisa dibeli orang. sy dh byk bikin proposal ksana ksini, byk kota, byk destinasi baik didlm negri maupun di LN tp kok ya,,cuma satu dua yang goal, itu aja ga byk pesertanya .

  17. slm mas hari , mau tanya niiih ; sy sdh hampir 10 thn d pariwisata lombok sebagai driver , sy berpikir suatu saat bs punya arnada sendiri , minta shernya mksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *