Buka Bisnis Tour and Travel Itu Mudah

Bisnis-Travel

Buka bisnis tour and travel itu Mudah!. Asal ada kemauan, tidak punya modal besar pun bisa. Serius. Sudah banyak yang membuktikkannya.

Dengan membaca dan mengikuti langkah-langkah yang disajikan dalam blog ini saja, seharusnya usaha travel, bisnis biro perjalanan Anda sudah mulai berjalan. Bahkan tanpa modal.

Buktinya feedback positif dari pembaca blog ini hilir mudik di email saya. Dalam sebulan terakhir bahkan lebih banyak dari biasanya. Intinya; mereka bahagia sekarang sudah sukses buka usaha tour and travel.

Asal tahu saja. Beberapa dari mereka bahkan lebih hebat dan sukses dari usaha saya sendiri.

Sukses Memulai, Selanjutnya…

Sungguh bahagia rasanya. Ternyata blog ini bermanfaat bagi orang lain. Saya bersyukur. Kebahagiaan seperti inilah yang membuat semangat untuk blogging terus bergelora.

Meski begitu, dari lubuk hati yang paling dalam. Sungguh. Saya merasa belum puas. Bahkan masih khawatir. Saya takut mereka yang sedikit terinspirasi dari blog ini. Kemudian sukses membuka bisnis travel-nya. Tapi masih gamang tentang cara menjalankannya.

Masih bingung cara mengembangkannya. Cara membesarkan dan mempertahankan-nya. Cara mengatur keuangannya. Cari mencari SDM-nya. Dan seterusnya dan seterusnya…Duh membayangkan perjalanan itu rasanya makin khawatirkan saja.

Mungkin tidak masalah bagi sebagian yang sukses membuka usahanya tanpa mengeluarkan kocek yang dalam. Tanpa berhutang seperti saya dulu ketika memulai usaha. Mudah-mudahan tidak.

Saya selalu mendoakan yang terbaik. Berharap yang terbaik. Dan senantiasa membuka diri untuk diskusi atau sharing tentang berbagai tantangan yang mungkin akan kita lalaui. Saya sendiri masih terus belajar. Masih terus berguru. Masih sering evaluasi, berkaca pada diri dan bisnis tourism yang saya geluti.

Sembari berproses dan belajar, ingin rasanya terus berbagi.

Pada ahirnya saya hanya ingin mengatakan bahwa sukses mendirikan/membuka bisnis itu satu hal. Tapi mempertahankan dan mengembangkan bisnis kita adalah hal lain.

Saya bukan motovator atau pembicara ulung dalam bisnis tour and travel. Dalam blog ini saya berbagi tentang sejengkal perjalanan yang kebetulan sudah pernah saya lalui. Hanya itu. Tanpa bermaksud menggurui. Tanpa bermaksud mengajari.

So, walaupun buka bisnis tour and travel memang mudah. Tapi setelahnya. Masih tanda tanya. Sebagai gambaran saya pernah cerita beberapa bisnis saya yang bangkut. Salah satunya bisa dibaca disini

Pun demikian, jika kita bahagia menjalaninya, terus belajar dan kreatif, peka dengan perubahan. Kesuksesan itu hanya soal waktu.

Banyak orang yang kebetulan lebih dulu memulai, dan sekarang telah memetik hasilnya. Guru-guru saya dalam bisnis tour and travel mengajarkan saya banyak hal tentang proses itu.

NB : Tahun lalu pemerintah mengeluarkan sejumlah aturan baru yang sangat diapresiasi oleh para pelaku bisnis disektor pariwisata. Aturan bebas Visa bagi 90-an negara hanyalah salah satu diantaranya.

Kebijakan itu dan sederet program lainnya yang dicanangkan untuk menggapai target 20-juta kunjungan wisman ke Indonesia 2019 nanti, memberikan peluang sekaligus angin segar.

Tak terkecuali bagi masa depan bisnis tour and travel. Semoga kita bisa turut berperan dan kecipratan berkah-nya. Hehe

4 thoughts on “Buka Bisnis Tour and Travel Itu Mudah

  1. Wah wah keren tulisan blognya. Kalau tertarik kami bisa bantu untuk menjadikannya buku seperti novel-novel di gramedia dengan biaya murah. Kami bantu mulai dari pracetak (bahkan pengumpulan tulisan dari blog/ website untuk dijadikan buku) dengan biaya murah (self publishing).
    Untuk mengetahui lebih jauh tentang kami atau contoh beberapa buku yang sudah kami bantu terbitkan bisa dicek: http://www.heryamedia.com atau https://heryamedia.wordpress.com/

    Kontak kami:
    SMS Centre: 0877-80538726/ 0877-67866622
    BBM: 2AC9FC12
    WA: 087767866622
    Email: heryamedia@yahoo.com/ heryamedia@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *