Bisnis Travel Dengan Omset Milyaran, Begini Caranya

Omset-Milyaran-Blog-bisnis travel

“Mas bisa nggak sih menghasilkan omset miliaran dari bisnis travel? Kalau bisa, bagaimana caranya?”.

Setelah shering cukup banyak tips dan pengalaman pribadi dalam menggeluti bisnis tour and travel, sekarang ada yang melontarkan pertanyaan itu. Sebuah pertanyaan sederhana, namun berat bagi saya menjawabnya. Terutama soal, bagaimana caranya?

Saya tahu pasti kalau di luar sana terdapat banyak sekali perusahaan tour and travel yang omset bisnisnya sudah tembus Miliyaran rupiah. Ada juga yang sudah IPO dan nangkring di bursa efek Indonesia.

Mau belajar lebih serius agar bisa segera buka bisnis travel, dapatkan Ebook-nya KLIK di sini

Salah satu guru saya bahkan pernah bercerita, 1 cabang bisnis travel-nya (dari ticketing saja) bisa meraih omset paling sedikit 6 miliar per bulan. Lumayan kan…?.

Lantas bagi kita yang baru memulai bisnis ini, apakah hal itu juga mungkin ?.

Sore ini saya akan berbagi pengalaman tentang kisah dan perjuangan nyata saya menghasilkan income dalam jumlah yang lumayan masif dari bisnis tour and travel yang telah saya jalankan.

Inilah sepotong cerita tentang mimpi, kerja keras, kesabaran dan perjuangan dalam menjalankan bisnis travel bermodalkan passion, blogging dan sedikit pengetahuan tentang internet marketing.

Sudah 9 tahun saya kenal dunia blogging. Meski begitu tidak ada satupun blog pribadi saya yang sukses apalagi sampai menghasilkan income miliyaran.

Kenapa bisa seperti itu?. Sederhana saja, saya belum pernah mengelola blog pribadi secara konsisten. Baca : Perjalanan Hidup Saya Sebagai Seorang Blogger

Tapi tunggu dulu, meski begitu saya tidak pernah benar-benar bisa lepas dari blog. Bahkan dari aktivitas inilah saya pada akhirnya memanen rezeki dan secara perlahan bisa menggemgam omset cukup besar dengan jumlah yang tak pernah terbayangkan sebelumnya (yang jumlah totalnya seperti yang tertera dalam judul tulisan ini).

Ya, meskipun tidak sukses mengelola blog pribadi, tapi pengetahuan dan pengalaman ngeblog dulu telah membantu saya secara signifikan saat menjalankan usaha. Meskipun bisnis saya offline, tapi dari internet lah saya mendapatkan ribuan pelanggan.

Saya tidak akan mendapatkan pretasi itu bila tidak belajar untuk blogging dan internet marketing sedari dulu.

Dengan blogging, alhamdulilah saya telah meraih rizki sambil jalan-jalan. Berbekal pengalaman blogging plus sedikit pengetahuan internet marketing, Alhamdulillah saya bisa menjalankan bisnis dari rumah.

Sebuah karir yang rasanya masih jadi mimpi indah bagi sebagaian orang yang kerja kantoran, pergi pagi pulang sore, bergelut dengan macet dan terik matahari pula. hehe

mitra wisata team
Suasana meeting bersama team baru, di kantor baru, 4 tahun yang lalu.

Blogging to Sell Offline Products begitu istilah keren-nya

Business model itulah yang saya aplikasikan untuk mendapatkan income dari kegiatan blogging. Artinya saya menggunakan blogging sebagai medium untuk menjual jasa tour and travel yang saya miliki. Tentu saja dibantu dengan penerapan internet markeitng.

Oh ya, banyak sekali diluar sana mereka yang sukses menjalankan model ini. Sampeyan juga pasti bisa menirunya.

Saya menjalankan perusahaan dalam bidang Biro Perjalanan Wisata, Tour and Travel Service @MitraWisataID. Lalu saya memanfaatkan pengalaman saya nge-blog sejak tahun 2007 silam itu untuk mempromosikan bisnis tersebut dan dari sanalah perusahaan mendapatkan ribuan klien dari kegiatan menyenangkan itu. Hasilnya..?

Ya, melalui blogging-lah, kami bisa mendapatkan lebih dari puluhan klien perusahaan dan ribuan pelanggan baik lokal hingga mancenegara dengan nilai total order miliaran rupiah. Tahun lalu 2015, perusahaan saya sudah bisa menembus omset milyaran itu dalam hitungan bulan. Baca juga : Langkah-Langkah Praktis Untuk Memulai Bisnis Tour and Travel

Tanpa pengalaman blogging dulu, rezeki barokah ini mungkin belum bisa saya dapatkan hingga sekarang.

Percayalah, ilmu internet marketing dan blogging amat krusial untuk mendongkrak penjualan bisnis off line. Tak peduli apapun bisnis atau jasa yang anda geluti.

Mau bisnis sampeyan berupa bisnis travel, bisnis rental mobil, jual jasa desain, jasa penulisan artikel, jasa training, jualan busana muslim, usaha penginapan, home stay, jual madu, jual obat herbal, hingga jualan jasa pijat seklipun, blogging menjadi media yang sangat mantap untuk mendapatkan pembeli/klien dalam jumlah yang lebih banyak.

Kalau masih belum yakin, kisah inspiratif ini bisa Anda baca. Bisnis off line dengan memanfaatkan blogging. Satu kisah sukses bisnis yang datang dari Pak Herwanto Jaya yang mendapatkan omset milyaran meski cuma dengan blog gratisan.

“Blog saya yang menjual Gerobak waralaba 1 tahun yg lalu menghasilkan penjualan yang fantastis, salah satunya bila bapak berkunjung ke Kabupaten Kudus, saya mendapatkan 146 Unit pesanan Gerobak 60 unit Counter untuk relokasi PKL di kota tersebut dengan total hampir 1 Milyar,  jadi balik lagi ke konsep awal, Stay Fokus dengan apa yang jadi Core bisnis kita. Saya pakai Blog gratisan, tapi saya bisa membangun Trust dari Pembaca blog saya, Alhamdulilah Closing Tahun 2012 Saya bisa tempus Omzet diatas 2 Milyar. Alhamdulilah!”. Begitu katanya… Selengkapnya bisa Anda baca disini.

Itulah sebabnya, kalaupun saat ini bisnis Anda bersifat off line, menguasai ilmu internet marketing dan blogging tetap merupakan hal yang mestinya dilakukan dengan tekun.

Jadi, kalau mau bisnis travel dengan omset milyaran, coba lakukan tips diatas.
Kalau tidak bisa?!. Ya… silahkan belajar dulu sama ahlinya. Banyak kok tempat belajar ilmu blogging dan internet marketing. Silahkan googling saja.

Kalau mau yang bagus, carilah kursus online berbayar. Salah satu yang terbaik silahkan KLIK DISINI.

Bila perusahaan Anda punya budged yang cukup memadai, mungkin anda bisa memanfaatkan jasa pihak ketiga, atau tenaga lepas (Freelenacer) untuk melakukan dan menjalankan setrategi blogging dan internet marketing ini. Untuk hasil yang maksimal, budged yang harus disipkan tentu saja cukup lumayan.

Internet marketing itu satu hal, sedangkan blogging adalah hal lain. Blogging butuh konsistensi. Butuh keuletan dan kesabaran. Saya sendiri pernah blogging bertahun-tahun dan tidak mendapatkan apa-apa selain pengalaman dan sedikit pengetahuan. Sebabnya simple, tidak konsisten mengisi konten, tidak fokus dan yang parahnya lagi tidak tahu apa yang harus dijual.

Anak-anak saja sudah bisa bikin blog dengan mudah. Dengan blog gratisan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah blog seharusnya tidak lebih dari waktu yang dihabiskan untuk menghabiskan segelas teh atau kopi.

Sungguh, membuat sebuah blog memang sangat mudah. Bisa gratisan pula.

Tapi itu tadi, butuh kesabaran, ketekunan, konsistensi yang tak kenal lelah untuk membangun sebuah blog yang bisa menghasilkan. Butuh fokus, konten dan strategi yang tepat untuk membuat blog mampu memberikan dampak yang powerfull bagi sebuah bisnis.

Bila dilakukan dengan sungguh-sungguh, blog tidak hanya bisa mendukung kesuksesan bisnis, tapi juga berpotensi memberikan tambahan icome. Asik gak tuh, bisnisnya bisa menghasilkan omset miliyaran, blog-nya sendiri juga menghasilkan income sampingan. Double untung boss… (yang ini sudah saya alami sendiri sejak 2 tahun terakhir).

Begtulah sejak pertama mendirikan bisnis travel, saya hampir tidak pernah melakukan marketing dengan cara tradisional. Kecuali hanya untuk sekedar uji-coba kecil-kecilan seperti, ikut pameran karena diajak sama pemerintah daerah, cetak brosur, iklan radio dan koran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *