Binis Travel Online; Peluang Menggiurkan di Era Digital

bisnis tour travel

Kita saat ini hidup di era digital dimana segala sesuatu bisa dilakukan secara online. Kita hanya perlu terhubung dengan internet, maka segala sesuatu bisa kita lihat dan dapatkan. Contoh sederhananya; jika dulu kita harus pergi ke bandara untuk membeli tiket pesawat, atau ke stasiun untuk membeli tiket kereta api, kini kita bisa mendapatkannya hanya dengan duduk di rumah atau bahkan sambil nongkrong sekalipun.

Mau belajar lebih serius agar bisa segera buka bisnis travel, dapatkan Ebook-nya KLIK di sini

Kita bisa membeli berbagai produk atau jasa apapun sambil ngopi bahkan duduk santai bersama keluarga. Bebas antri, bebas macet dan tak perlu lagi keluar rumah panas-panasan atau kehujanan.

Revolusi internet memang telah memberikan banyak dampak yang begitu signifikan terhadap kegiatan ekonomi dan bisnis. Bahkan, jika kita bisa melihat semua ini dari sudut pandang bisnis, kita bisa menyaksikan bahwa ini merupakan sebuah media menarik untuk mendapatkan penghasilan. Tidak sedikit miliarder mudia dunia yang lahir berkat internet.

Nah, salah satu peluang yang layak dipertimbangkan adalah dengan membuka binis travel online yang memiliki potensi keuntungan cukup menggiurkan. Baca Juga : Bisnis Travel Dengan Omset Milyaran, Begini Caranya

Travel sendiri memang cukup luas;  jalur darat, udara, laut dan seterusnya. Semuanya memang memiliki alat transfortasi sendiri yaitu pesawat untuk udara, kapal untuk laut, bus, kereta dan motor dan lainnya.

Setiap hari, berbagai moda angkutan itu terus beraktivitas bahkan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Ketika semua itu mengalami peningkatan yang cukup besar, maka akan berpeluang juga pada penjualan tiket.

Dengan demikian, bisnis penjualan tiket bisa menjadi peluang yang cukup baik dan menjanjikan untuk dijalankan. Bahkan karena kini sistem yang digunakan adalah secara online, maka proses menjalankan bisnis tersebutpun bisa dilakukan darimana saja dan kapan saja.

Apa Itu Binis Travel Online?

Bagi sebagian orang, ini mungkin merupakan istilah yang tidak asing lagi di telinga. Namun, bagi yang tidak begitu bergelut dan berkecimpung di dunia internet, ini mungkin menjadi sesuatu yang baru dan belum banyak dikenal.
Akan tetapi apa sebetulnya Binis Travel Online tersebut, bagaimana cara kerjanya, dan juga yang lainnya.

Bisnis travel online adalah bisnis jasa tour and travel service / penjualan tiket yang dilakukan secara online melalui internet. Siapa saja bisa melakukan penjualan tiket tersebut, namun memang harus memiliki alat seperti software dan juga sudah harus ada kerjasama antara penjual dengan pihak maskapai yang menjual tikel tersebut.

Biasanya saat ini, sudah banyak perusahaan besar yang bekerjasama dengan beragam maskapai penerbangan, dan kita bisa bergabung sebagai sub agen penjual tiket tersebut.

Bagaimana Peluang Bisnis Travel Online?

Berbicara peluang, nah, sebetulnya melihat kondisi saat ini dimana segala sesuatu serba bisa dilakukan dengan menggunakan media online, maka bisnis ini cocok untuk dijalankan. Sebagian besar masyarakat indonesia sudah mengenal internet dan sekiranya pembelian tiket secara online akan mudah menyasar mereka.

Kini penjualan tiket secara langsung perlahan mulai ketinggalan karena kurang efektif. Selain itu, kita tahu bahwa transfortasi misalnya seperti kereta api, dan pesawat adalah yang banyak diminati dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Setiap hari kita lihat ada banyak sekali orang yang bepergian menggunakan dua akomodasi tersebut. Melihat banyaknya yang menggunakan alat transfortasi itu, maka tentu ini juga akan berpeluang pada penjualan tiket yang cukup banyak nantinya.

bisnis travel-onlineBagaimana Cara Memulai?

Dengan melihat beberapa penjelasan diatas, bagaimana apakah anda tertarik untuk memulainya. Nah, sebelum anda terjun ke bisnis travel online, sebaiknya memang anda coba pahami beberapa penjelasan mengenai beragam cara yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis tersebut.

Jika anda ingin memulai, maka ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Salah satu hal penting adalah modal; modal tidak hanya berbentuk uang yang harus anda siapkan untuk membeli aplikasi penjualan itu, namun juga anda perlu modal tempat dan yang paling penting skill dalam melakukan penjualan.

Anda bisa belajar bersama saya di blog ini secara gratis. Sudah cukup banyak artikel, tip bisnis tour and travel yang diulas secara sederhana dan mudah dimengerti tersaji diblog yang sedang and abaca ini.

Kalau masalah tempat, anda bisa buka di rumah saja. Sedangkan masalah skill, anda harus banyak belajar bagaimana memasarkan jasa anda secara online agar banyak orang tertarik dan mau membeli tiket dari anda.

Baca juga : Langkah-Langkah Praktis Untuk Memulai Bisnis Tour and Travel

Berapa Modal Awal Bisnis Travel?

Setelah tahu bagaimana cara memulainya, mungkin kemudian muncul juga pertanyaan mengenai modal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis travel online ini.

Ya, seperti dijelaskan diatas bahwa memang modal itu ada beragam dari yang bersifat riil sampai dengan yang abstrak. Sebetulnya karena dikerjakan secara online dari mulai pemasaran dan juga transaksi, maka kita tidak perlu membutuhkan modal besar untuk menyewa kantor atau rumah jika masih pemula, kita bisa menjalankannya dari rumah kita sendiri.

Kemudian, untuk modal utama yang perlu dibeli adalah komputer dan juga jaringan internet yang memadai. Sementara itu mengenai aplikasi atau software yang nantinya digunakan, itu ada beberapa pilihan; kita bisa membelinya, atau ada juga beberapa agen yang memberikannya dengan Cuma-Cuma alias gratis.

Artinya kita menjadi sub agen mereka dan mendapatkan keuntungan tanpa modal pembelian aplikasi itu. Apakah yang GRATISAN itu sungguh ada. Duh, kalau anda cerdas anda bisa menemukannya dengan mudah kok. Coba saja Tanya sama mbah google.

Baca juga : Cara Membuka Usaha Tour Travel

Apakah Tantangan Bisnis Travel Online?

Setiap bisnis pasti memiliki tantangan tertentu yang sebaiknya coba kita pahami dengan baik apa saja yang menjadi tantangan tersebut. Dalam bisnis tiket travel online, tentu karena ini sedang menjadi trend, maka tantangan terbesarnya adalah dimana ada banyak pesaing juga yang berminat untuk menjalankan bisnis ini.

Karena memang banyak pesaing, maka upaya kita mendapatkan konsumen atau target pasar akan begitu kompetitif. Selain itu, ada beberapa masalah lain juga yang menjadi tantangan yaitu skill pribadi atau pengalaman dalam memasarkan produk tersebut.

Memang untuk itu dibutuhkan banyak strategi agar penjualan bisa lancar. Tantangan lain yang mungkin saja menjadi penghambat adalah masalah yang terjadi dengan sistem, dimana internet di indonesia selama ini memang masih belum stabil.

Lalu, Bagaimana Strategi bisnis Travel Online?

Setelah kita melihat beberapa tantangan dari bisnis ini, maka selanjutnya yang harus kita lakukan adalah dengan cara bagaimana kita bisa menghindari dan memenangkan kompetensi dari tantangan itu. Pastinya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hal itu sehingga kemudian ini bisa menjadi pemahaman yang baik yang bisa sesuai dengan apa yang menjadi bagian penting dalam menetapkan target penjualan.

Berbicara strategi, memang ada banyak cara yang bisa dilakukan agar menghasilkan sesuatu yang menjanjikan. Ketika sistem penjualan yang digunakan adalah secara online, maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah dengan mempelajari beberapa strategi pemasaran marketing online. Seperti memeplajari bagaimana membuat website travel yang menarik, branding, optimalisasi situs, dan banyak strategi yang lainnya.

Bisnis travel memang menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan di era sekarang ini. Hal itu mengingat apa yang menjadi peluang dan potensi keuntungan yang bisa didapatkan sebagaimana dijelaskan diatas.

Bisnis ini juga cocok dijalankan oleh siapa saja; baik sebagai bisnis utama atau juga bisnis sampingan. Nah bagi anda mahasiswa atau pelajar, karyawan swasta, pegawai negeri, korban PHK kita semua berpotensi mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari bisnis travel online ini.

Hal yang harus disiapkan hanyalah kemauan dan keberanian untuk mengambil keputusan untuk terjun ke bisnis tersebut. Target pasar sudah cukup jelas, karena memang pangsa pasar dari bisnis ini cukup besar dan potensial setiap harinya. Jumlah penumpang pesawat udara terus melonjak setiap tahunnya. Liburan juga telah menjadi gaya hidup dan kebutuhan pokok banyak orang di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *