Bagaimana Memulai Bisnis Sampingan Yang Menyenangkan

kerja di pantai

Pengalaman pribadi bergelut dengan bisnis sampingan sungguh menyenangkan. Sejujurnya, bisnis yang saya jalankan saat ini bermula dari usaha sampingan. Sebab pada awalnya saya bukanlah pengusaha bidang pariwisata.

Sejak pulang dari tanah rantauan saya memilih aktif di bidang Lembaga Swadaya Masyarakat. Di tengah pekerjaan itu, saya merintis bisnis sampingan dengan membuat sebuah portal untuk menggiatkan promosi pariwisata lokal Bangka Belitung.

Tak disangka, dari usaha sampingan itu, kini saya benar-benar bisa membangun bisnis di bidang tourism.

Hingga saat ini saya masih kecantol dengan usaha sampingan. Rasanya sungguh menyenangkan. Melakukan hal-hal yang kita cintai dan mendapatkan income dari kegiatan tersebut.

Itulah sebabnya saya jarang sekali merasa sedang “bekerja”. Sungguh, saya tidak bekerja layaknya orang-orang kantoran yang harus pergi pagi, pulang sore. Lengkap dengan seragam ini-itu. hehehe

work in the beach
Tepi Pantai Arumdalu Private Beach and Resort, Belitung. Kerja di luar ruangan

Alhamdulillah.

Meski telah berhasil membangun perusahaan sendiri, hingga kini saya juga menjalankan usaha sampingan bersama nyonya di rumah. Prinsipnya, saya tidak ingin bergantung pada sau sumber pengasilan saja. Salah satu usaha sampingan yang saya rintis untuk orang rumah adalah toko online jual madu asli Bangka.

Cukup dulu narsisnya, lanjut….
Memanfaatkan peluang nyatanya tidak bisa dilakukan semua orang. Berkeinginan kuat serta berjiwa kreatif dan mandiri biasanya merupakan sifat yang terdapat pada mereka yang bisa memanfaatkan peluang yang ada didepan mata.

Salah satu peluang yang layak dipikirkan dan banyak disarankan oleh paker-pakat perencana keuangan adalah mencari cara Memulai Bisnis Sampingan Yang Menyenangkan.

Bisnis tidak harus melulu sebagai hal yang superior dan melibatkan rupiah dengan nominal yang sulit dilafalkan. Siapapun bisa menjalankan bisnis asal ada kemauan dan kreatifitas. Baik itu pelajar, sampai karyawan, pada dasarnya bisa melakukan bisnis sampingan. Bisnis dikerjakan diluar pekerjaan rutin akan memberikan pengalaman lebih, selain tentunya pemasukan lebih.

Saat ini hampir segala kebutuhan hidup terus meningkat.. Harga-harga kebutuhan pun tak pernah turun (Baca: inflasi). Hal ini menuntut kita untuk bisa lebih cerdas lagi dalam menyikapi situasi dan mencari solusi.

Maka, berbisnis sampingan bisa menjadi salah satu alternatif terbaik yang bisa dilakukan. Sehingga pada prakteknya, kita harus berusaha dan mengeluarkan segala kemampuan dan potensi yang kita punya.

Jangan pernah meremehkan keahlian karena kita tidak pernah tahu kapan hal itu bisa meninggikan derajat kita. Nah, tanpa banyak berbasa-basi lagi, mari kita ulas beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menjalankan bisnis sampingan.Simak ulasannya…

Mulai dari bakat atau hobi

Untuk kamu yang memiliki waktu luang dan ingin menjadi lebih produktif bisa mencoba berbagai bisnis sampingan yang tidak mengharuskanmu pergi kemanapun dan cukup melakukannya dirumah.

Kamu bisa memanfaatkan bakat yang kamu punya. Misalnya, jika kamu ada bakat dalam bidang kuliner, kamu bisa menjadikannya sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Alih-alih hanya keluarga yang menikmati enaknya olahan masakan yang kamu buat, kini saatnya orang lain untuk mendapat kesempatan itu. Kamu bisa membuka usaha catering kecil-kecilan dirumah.

Bisnis seperti ini akan lancar jika kamu memiliki keunikan pada masakan yang bisa meninggalkan kesan istimewa di lidah para penikmat rasa. Dengan begitu, reputasi akan masakanmu akan tersebar dengan cepat dan semakin banyak yang memesan.

Tidak hanya kuliner, coba gali apa saja bakat, hobby dan kesukaan kamu. Apakah kamu suka memancing, bermain games, belanja, baca buku, menulis, traveling, fotografi atau bermain musik. Pada dasarnya, apapun yang kamu sukai bisa dijadikan bisnis.

Kamu tidak harus keluar dari pekerjaan utama untuk merintis bisnis sampingan. Banyak orang yang telah membuktikan hal ini. Kamu bisa dengan mudah menemukan sosok-sosok inspiratif yang telah sukses membangun usaha sesuai dengan hobinya.

Baca Juga : Cara Paling Mudah Bisnis Travel

Mengikuti perkembangan dan trend

Selain menggunakan bakat atau hobi, kamu bisa berbisnis dengan menyesuaikan perkembangan jaman. Misalnya saat ini sedang tren masakan organik dan diet mayo. Karena kesibukan orang-orang dalam menjalani kesehariannya, mereka ingin hidup sehat namun tidak memiliki waktu banyak untuk menyiapkannya. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini.

Kamu bisa mulai berbisnis catering sekaligus dengan jasa delivery agar memberikan kemudahan bagi pelanggan. Usaha sampingan seperti ini bisa menyenangkan dan menguntungkan. Kamu bisa mengatur sendiri apakah kamu menyediakan paket sarapan saja atau paket-paket lainnya yang bisa disesuaikan dengan waktu luangmu.

Jika kamu punya waktu luang disore hari, maka kamu bisa menawarkan paket makan malam. Waktu 24 jam yang kamu miliki bisa lebih bermanfaat dan produktif bukan?.

NB : bisnis hanya sekedar ikut-ikutan agak rentan gagal dan sulit bertahan lama.

Bisnis mudah namun efisien

Untuk tahu Bagaimana Memulai Bisnis Sampingan Yang Menyenangkan kamu harus memulainya dari hal yang simpel namun efisien, misalnya dengan memulai berbisnis online. Kamu bisa memulai dengan bikin blog atau langsung jualan online.

Majunya teknologi saat ini membuat apapun menjadi lebih mudah dan praktis. Semua bisa dilakukan secara online karena disana banyak tersedia peluang usaha yang cukup menjanjikan. Kamu bisa menulis blog tentang hal-hal yang menyenangkan dan disisi lain kamu akan mendapat keuntungan.

Modal yang dibutuhkan untuk membuat blog dan membuatnya produktif tidaklah terlalu mahal bahkan masih tergolong terjangkau bagi karyawam ataupun mahasiswa yang dompetnya tidak terlalu tebal.
Kamu bisa menemukan berbagai cara yang murah dan mudah membuat blog di google.

Baca Juga : Sukses Finansial Selagi Masih Muda

Bisnis sampingan untuk mahasiswa

Menjadi mahasiswa dipandang selalu menghabiskan keuangan orangtua karena biaya untuk kuliah tidaklah sedikit. Tidak semua orang bisa duduk dibangku kuliah. Namun, jika kamu orang yang beruntung yang sedang mencicipi bangku kuliah, tidak ada salahnya untuk menambah pengalaman, wawasan, dan penghasilan dengan menjalankan bisnis sampingan seperti menjadi guru privat.

Menjadi guru les privat biasanya dipilih mahasiswa. Mengajar anak-anak sekolahan diwaktu luang bisa jadi peluang. Terlebih jika kamu menguasai salah satu bidang misalnya kamu jago dibidang matematika atau bahas inggris, kimia, fisika dan pelajaran-pelajaran lain yang dianggap sulit oleh pelajar.

Kamu bisa menyempatkan diri untuk memberikan les di akhir pekan atau ketika tidak ada jadwal kuliah. Pernah baca kisah sukses pendiri Primagama?!. Coba cari dan baca kisah suksesnya. Barangkali bisa menginspirasi.

Rencanakan dengan teliti

Bagaimana Memulai Bisnis Sampingan Yang Menyenangkan bisa dilakukan dengan merencanakan segala sesuatunya secara mendetail dan matang. Sebelum benar-benar terjun kesalah satu bisnis yang telah disebutkan diatas, pastikan kita memulai perencanaan dari A sampai Z.

Hal ini menyangkut dengan jenis bisnis, modal, partner, eksekusi, perhitungan keuntungan, dan masih banyak lagi. Meskipun terlihat sulit, namun perencanaan yang baik sudah menjadi awal yang benar.

Jika kamu mengalami kesulitan, tidak ada salahnya untuk berbincang dengan teman dekat agar mendapat solusi atau setidaknya pendapat yang kamu butuhkan. Tapi jangan khawatir, faktanya mereka yang sukses berbisnis menyarankan untuk “action aja dulu”. Trik lainnya, cari mentor bisnis.

Baca Juga : Menyusun Rencana Keuangan Untuk Liburan Keluarga

Menyegerakan namun tidak tergesa-gesa

Setelah semua direncanakan dengan benar, saatnya melakukan bisnis yang sebernarnya. Namun bukan berarti kamu harus melakukan semuanya secara cepat kilat.

Lakukan semuanya sesuai kemampuan dan tidak perlu merasa dikejar target. Jika semuanya dirasa sudah cukup dari segi persiapan maupun kemampuan, maka sebaiknya segerakan bisnis kamu. Hal ini untuk menghindari rasa malas datang menganggu.

Nah, itulah beberapa tips untuk kamu yang tertarik memulai bisnis sampingan. Sebenarnya banyak lahan yang tersedia untuk berbisnis dan membuka peluang usaha. Kita hanya tinggal membuka fikiran untuk lebih terbuka dan membiarkan mata kita lebih jeli dalam memanfaatkan setiap peluang.

Modal kecil, usia yang masih muda ataupun sudah terlanjut berumur bukan menjadi penghalang yang berarti jika kamu sudah tahu Bagaimana Memulai Bisnis Sampingan Yang Menyenangkan dan menghasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *