Bagaimana Memulai Binis Travel

bisnis tiket peawat

Bagaimana Memulai Binis Travel ?. Inilah pertanyaan terbanyak yang saya terima dari pembaca blog ini. Baik via email, sms, telpon, dll. Saya selalu berupaya menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut secepat dan sebaik yang saya bisa.

Meski kerap menerima pertanyaan yang sama, namun jawaban saya terhadap pertanyaan tersebut kadang-kadang berbeda. Yang pasti, hingga saat ini sejumlah ‘penanya’ telah sukses membuka bisnis travelnya sendiri. Sebagian bahkan telah mulai online (memiliki website). Untuk mereka, saya berharap dan berdo’a semoga bisnis travel-nya semakin sukses. Amiin.

Nah, jika anda juga ingin tahu bagaimana cara memulai bisnis tour and travel. Berikut beberapa saran singkat dari saya.

travel tiket pesawatBisnis Tour & Travel memiliki banyak lini produk untuk di pasarkan. Bagaimana langkah memulainya sangat tergantung dengan skala usaha yang Anda inginkan. Untuk usaha travel dengan modal yang benar-benar minim, Anda dapat memulainya dengan membuka usaha Travel Tiket Pesawat saja.

Bisnis tiket pesawat bisa dimulai bahkan dengan tanpa kantor. Banyak teman-teman saya yang mengaplikasikan cara yang satu ini. Berikut ini langkah-langkah memulai Bisnis Tiket Pesawat dengan modal minim atau bahkan gratis!.

bisnis tour travelLangkah Pertama : Anda mendaftarkan diri sebagai sub agen dari travel-travel yang sudah mapan dan melayani pendaftaran sub agen. Perusahaan tour and travel yang melayani pendaftaran gratis atau minimal dibawah 1 jutaan sangat banyak. Sebut saja Bonita Tour, Via Indonesia, Linata Travel, Aeroasia, Bee Holiday dan masih banyak lagi. (Penyebutan brand hanya sebagai panduan/contoh)

Masing-masing menawarkan kemudahan dan besaran biaya pendaftaran yang berbeda-beda. Syarat utamanya, Anda harus terhubung dengan internet. Memiliki rekening bank dan handphone sebagai sarana komunikasi dan promosi.

Langkah kedua : Setelah Anda dapat mendaftar sebagai sub agen dari salah satu travel tersebut, Anda akan diberikan sebuah halaman khusus bagi sub agent lengkap dengan username dan password -nya. Pada halaman tersebut biasanya Anda bisa melakukan cek harga tiket – booking tiket – dan print tiket (sebagian malah bisa langsung issud tiket sendiri).

Nah sampaai disini sebetulnya Anda sudah bisa jualan tiket pesawat.

Langkah ketiga : Selanjutnya, buatlah nama usaha travel Anda (jika diijinkan). Misalnya Fengsui Tour & Travel, Mimpi Indah Travel, Travelistoon, dan seterusnya. (Pelajari cara membuat nama usaha). Karena nama bisnis Anda sangat penting!.

Sampai disini, saya ucapkan SELAMAT!. Anda sudah punya bisnis travel sendiri. Tapi percayalah, ini benar-benar permulaan. Perjalanan Anda masih panjang. Lanjut..

Langkah keempat : Promosikan bisnis Anda, buatlah kartu nama, brosur, dan lain-lain. Pelajari tips marketing bisnis tour & travel disini. Sebagai catatan, sangat penting untuk mengkombinasikan marketing online dan offline.

Langkah kelima : Berikan service terbaik bagi kliend Anda. Sembari berproses, pelajari juga cara memberikan layanan terbaik untuk setiap customer Anda. Jangan malas!.
Langkah Keenam : Sambil berproses Anda harus terus belajar. Kesuksesan usaha Anda tergantung pada diri Anda sendiri. Seperti yang saya kemukakan diawal tulisan ini, produk bisnis travel sangat banyak. Pelajari. Jual. Peluang ini harus Anda ambil.

pariwisata-bisnis-tourismUntuk sekala menengah, Anda juga dapat memulai dengan menjadi agen dari perusahaan travel lain dan membuka kantor sendiri. Biasanya dengan medaftarkan diri sebagai agen travel Anda akan diberikan panduan sistem, SOP, marketing brosur, kartu nama, pengurusan perijinan dan lain-lain.

Bagi Anda yang memilih Bisnis Tour Travel dengan kantor tetap. Sangat penting untuk mencari lokasi terbaik (baca lokasi). Lokasi kantor yang setrategis sangat diperlukan agar target market dapat dengan mudah menemukan dan mendatangi Anda. Namun demikian silahkan disesuaikan juga dengan budged yang Anda siapkan untuk bisnis ini. Jangan sampai modal Anda habis hanya untuk biaya sewa kantor tanpa menyisakan budged untuk kebutuhan lainnya.

Selain kantor, promosi yang kreatif dan gencar juga mutlak diperlukan. Anda bisa memadukan promosi online (website/facebook/twitter/instagram/GooglePlus dll) dan marketing offline (brosur, iklan radio, koran,TV, stiker dll) sekaligus. Siapkan budged untuk promosi ini karena perusahaan Anda masih baru. Selain itu, bisnis Tour & Travel adalah bisnis jasa, jadi selalu kedepankan layanan terbaik -layanan terbaik – dan layanan berbeda. Berikan layanan terbaik, ramah dan bersahabat bagi semua pelanggan Anda.

Sedangkan untuk bisnis tour and travel sekala besar, Anda bisa memulainya dengan membuat badan usaha, kemudian mendaftarkan perusahaan Anda untuk menjadi agent di maskapai-maskapai / air line. Anda akan diminta untuk menyetor sejumlah deposit rata-rata 10-jutaan per maskapai. Untuk tips yang lebih mudah, Anda bisa membeli waralaba tour & travel seperti Panorama Word, Dwi Daya Tour dan lain-lain. (Penyebutan nama brand hanya sebagai contoh, tentu saja masih banyak pilihan lainnya)

Itulah sedikit tips dari saya, semoga dapat membantu. Ada banyak tips bisnis travel lainnya dalam blog ini. Silahkan dilahap. Mudah-mudahan bisnis Tour & Travel Anda segera dibuka dan sukses. Amiin

5 thoughts on “Bagaimana Memulai Binis Travel

  1. Artikelnya bagus mas azhari,setelah sy baca tulisan anda sy jd semangat memulai usaha travel.”jangan takut memulai,bnyk berdoa”ini yang sy pegang untuk berusaha dan menatap masa dpn.trmksh artikelnya smoga sukses selalu.

  2. Boleh pm sya pak hari JT di no wa 081258742221, soal nya sya tertarik sekali dengan artikel bapak dan bisa kira nya sya ngobrol2 lebih jauh lg tentang bisnis travel ini pak.. trims

  3. Ulasan yang bagus Pak Hari … simple, ringan tp berbobot

    Smoga Pak Hari selalu sukses dan barokah .. aamiinn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *