9 Tips Internet Marketing Tour & Travel

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit Tips Internet Marketing Tour & Travel. Disadari atau tidak, Internet telah mengubah cara orang untuk berpergian atau traveling. Secara perlahan orang-orang yang melek teknologi tidak lagi suka mendatangi kantor agen perjalanan. Sekarang mereka memilih untuk merancang liburan mereka sendiri dengan membeli berbagai elemen seperti hotel, tiket pesawat, tiket atraksi wisata, rental mobil, hingga booking hotel dan restoran secara terpisah via internet.

Dengan internet para pelancong bisa mencari berbagai penawaran harga terbaik. Selain itu mereka juga bisa membaca banyak informasi dan review dari pengalaman liburan treveler lain. Ini berarti wisatawan di era sekarang mendapatkan lebih banyak informasi dengan mudah daripada sebelumnya.

Artinya, meskipun sejumlah perusahaan bisnis Tour and Travel yang mengandalkan kantor masih bisa berharap dari para pelanggan setianya, tapi sekali lagi, internet telah merubah pasar secara signifikan. Siap tidak siap Anda tetap saja harus bersaing secara online jika ingin terus tumbuh dan bertahan.

Nah, kali ini saya ingin berbagi beberapa tips internet marketing Tour & Travel. Tips ini saya rangkum berdasarkan pengetahuan dan pengalaman saya setelah beberapa tahun menjalankan bisnis tour and travel online.

1. Rencanakan Anggaran Pemasaran Dengan Bijak
Jika selama ini perusahaan perjalanan Anda hanya membagi anggaran pemasaran online menjadi 12 bulan secara merata sepanjang tahun, ada baiknya kebiasaan itu ditinjau ulang.

Bisnis jasa perjalanan wisata adalah dunia yang berbeda. Anda perlu mengelola biaya marketing dengan hati-hati sehingga perusahaan memiliki lebih banyak manfaat. Aturlah anggaran belanja marketing online Anda secara bijak sesuai dengan periode tertentu yang sudah sangat familiar dalam industri wisata. Pada periode low season anda mungkin bisa menggandakan budged marketing dan prmosi, sedangkan pada saat musim liburan tiba Anda bisa menguranginya. Atau bisa juga diperlakukan sebaliknya. Anda juga dapat menerapkan setrategi khusus untuk program promo tertentu saja. Namun selalu ingat, lakukan tes kecil, ukur dan perbaiki. Pada saatnya Anda akan menemukan pola marketing online terbaik yang cocok untuk pangsa pasar yang Anda bidik.

2. Optimaasi SEO Long Tail Keyword
Search engine optimization (SEO) memegang peran yang sangat penting untuk tour & travel online dan upaya memenangi persaingan pada mesin pencari membutuhkan setrategi khusus. Untuk setrategi penerapan SEO bisa di baca pada artikel berikut (Tips Marketing Travel Online).

Orang mencari informasi yang cukup spesifik ketika mereka sedang mencari inspirasi wisata atau merancang liburannya. Jadi ini adalah kesempatan sempurna untuk mengoptimalkan halaman situs travel Anda.

Sebagai contoh, Anda mungkin sulit untuk bersaing dalam peringkat mesin pencari untuk kata kunci dengan tingkat persaingan yang tinggi seperti “Paket Wisata”. Akan tetapi Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk bersaing dengan kompetitif pada kata kunci yang lebih panjang seperti, “paket wisata Bali”, “paket wisata Lombok”, “paket wisata murah Bandung”, “paket wisata hemat Belitung” dan seterusnya. Selain itu, setrategi ini juga penting jika tour & travel Anda memang menargetkan pelanggan yang tertarik pada program atau destinasi tertentu.

3. Manfaatkan Blog Wisata
Ada beberapa travel blogger yang sangat sukses di luar sana. Saya sendiri telah menggunakan beberapa waktu saya untuk mencari inspirasi perjalanan dari blog mereka. Anda dapat menawarkan kerjasama, sukur-sukur gratis dengan blog-blog wisata diluar sana . Hal ini sangat bagus untuk meningkatkan optimasi organik website travel Anda.

Blog yang bagus dengan konten serta pembaca yang ramai akan bekerja sangat baik untuk menghasilkan lalu lintas tambahan dan link alami menuju website Anda.

Selain itu, akan sangat bagus jika Anda juga memiliki blog sendiri. Sebuah blog adalah platform yang sempurna untuk menginspirasi orang-orang. Tulisan pada sebuah blog bisa jadi lebih memikat pengunjung tertentu ketimbang iklan berbayar atau promosi bombastis pada website travel Anda sendiri.

4. Berbagi Konten
Anda bisa membuat kompetisi kecil untuk foto-foto perjalanan terbaik dengan iming-iming sedikit hadiah (mungkin diskon khusus atau voucher menginap). Foto-foto ini akan membangun rasa kebersamaan di website Anda. Hal ini juga dapat mendorong kunjungan berulang sekaligus dapat menginsirasi calon pelanggan baru.

5. Jangan Jualan Sendiri, Bangun Hubungan Pribadi Dengan pelanggan
Orang sangat menghargai liburan mereka dan mereka ingin tahu bahwa mereka dapat mempercayai perusahaan Anda. Bila Anda mengirimkan mereka ke suatu tempat yang tidak menyenangkan, atau menipu mereka dengan banyak biaya tambahan mereka akan kecewa.

Jadi meskipun Anda telah menyampaikan layanan perjalanan yang Anda tawarkan secara detail, atau meskipun perusahaan Anda adalah agen perjalanan yang besar tetaplah  berhubungan dengan pelanggan. Kirim mereka penawaran via e-mail, balas setiap umpan balik mereka, dan sesekali ingatkan mereka untuk kembali lagi pada tahun berikutnya. Bisa juga dengan penawaran program yang sebelumnya telah mereka nikmati, atau dengan program promosi baru yang mungkin lebih menarik. Jika Anda melayani mereka dengan baik pada perjalanan sebelumnya, mereka akan kembali memesan produk wisata melalui travel Anda lagi.

6. Undang Mereka Untuk Membuat Ulasan
Sekali lagi, internet atau dunia online memungkinkan orang untuk membaca lebih banyak informasi tentang tujuan perjalanan mereka secara spesifik daripada era sebelumnya – dan mereka akan senang mencari ulasan.

Jangan ambil risiko kehilangan pelanggan dari situs Anda sebelum calon pelanggan membeli produk Anda hanya karena mereka pergi mencari review di situs-situs lain. Upayakan untukmemberikan informasi yang mereka butuhkan. Dorong pelanggan yang puas agar membuat posting review perjalanan mereka di website Anda sehingga pelanggan baru akan dapat memesan dengan produk Anda tanpa keraguan.

Jika situs travel Anda belum mendukung program semacam ini, Anda dapat mengundang pelanggan untuk membuat ulasan pada laman GooglePlus, Facebook atau Twitter perusahaan Anda.

7. Tunjukkan Bahwa Anda Peduli
Setelah pelanggan senang untuk kembali ke situs website travel Anda, memberikan layanan yang benar-benar pribadi akan menjadi pengikat hubungan Anda dengan pelanggan. Ada baiknya e-mail marketing Anda dibuat khusus untuk pelanggan lama dan email marketing lainnya ditargetkan untuk khlayak luas.

Sapalah mereka dengan sapaan yang lebih personal pada momen spesial seperti Ulang Tahun, Tahun Baru, Perayaan hari Jadi pernikahan mereka dan lain-lain.

8.  Perhatikan Halaman Pemesanan
Sebelum orang-orang berbelanja, kemungkinan mereka akan mengunjungi lebih dari satu situs. Itu berarti design halaman chekout/form order pada website travel Anda sangat penting. Calon pelanggan tidak akan mentolerir hambatan untuk membeli jika halaman pemesanan pada situs Anda membingungkan.

9. Buatlah Kategori Yang Jelas
Buatlah kategori yang jelas untuk produk dan layanan yang dibutuhkan calon pembeli. Tidak semua orang tahu program / destinasi tujuan liburan yang mereka inginkan. Jadi, mudahkan calon pembeli untuk memilih beberapa tanggal tertentu, destinasi dan beberapa penawaran menarik. Traveler lain mungkin ingin Anda membuat program perjalanan yang sesuai dengan budged liburan mereka. Intinya, buatlah pengunjung situs travel Anda merasa nyaman dan mudah untuk memilih program liburan berdasarkan kriteria yang mereka inginkan.

Tambahan Tips Internet Marketing Travel lainnya
Meski sebagian situs tour and travel di Indonesia sudah sepenuhnya bisa dibilang travel commers, namun sangat penting untuk menampilkan kontak dengan jelas. Hal ini akan memudahkan calon pembeli untuk menghubungi Anda. Kemudian, membuat halaman khusus tentang “Cara Pemesanan” juga patut dipertimbangkan.

Demikianlah beberapa tips internet marketing tour and travel yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini. Sebagai catatan, saya tidak melakukan semua setrategi tersebut sendirian. Kadang saya menggunakan jasa pihak ketiga. Beberapa setrategi diatas juga belum saya terapkan pada bisnis tour travel yang saya kelola.

4 thoughts on “9 Tips Internet Marketing Tour & Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *