5 Buku Keuangan dan Personal Development Terbaik Yang Sukses Mengubah Hidup Jutaan Orang

Tak bisa dipungkiri membaca buku-buku berkualitas merupakan salah satu kunci sukses untuk membangun sebuah bisnis, investasi dan kepribadian yang dahsyat. Membaca buku berkualitas, entah cetak atau elektronik juga merupakan kunci sukses yang sudah di akui dan ditekuni oleh banyak sekali tokoh dunia dalam berbagai bidang. Berbagai penelitian juga sudah membuktikan bahwa membaca dapat membuat para pemimpin menjadi lebih cerdas, kreatif, dan berjiwa sosial.

Lihat saja tokoh-tokoh bisnis visioner dunia seperti Bill Gates, Elon Musk, mbah Buffet, dll semuanya adalah pembaca buku yang sangat tekun. Para miliarder itu, mulai dari presenter Oprah Winfrey hingga pebisnis Warren Buffett dan pendiri Microsoft Bill Gates, adalah kutu buku sejati. Buffett menghabiskan 80 persen waktunya setiap hari dengan membaca buku dan Gates membaca sekitar 50 buku dalam setahun.

Kebiasaan membaca buku membantu mereka dalam kebiasaan belajar, terus mengasah kemampuan, mengembangkan bisnis, dan belajar dari orang lain. Mungkin inilah salah satu rahasia para pebisnis itu bisa jadi multi miliarder dan inspirasi bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Nah, dalam kesempatan ini saya mau menghadirkan deretan 5 buku bisnis, investasi dan personal development terbaik yang telah menginspirasi bahkan mengubah kehidupan jutaan pembacanya, termasuk saya. Sungguh, deretan buku-buku ini dan tentu saja buku lainnya sudah memberikan manfaat tak ternilai untuk perjalanan hidup, bisnis dan investasi saya.

Tanpa bermaksud menafikan buku-buku lainnya, 5 buku pilihan ini saya anggap sebagai buku paling mantab dalam bidang personal development, bisnis dan investasi. Beberapa buku sudah pernah saya sajikan resensinya dalam sejumlah kesempatan di blog ini.

Nah, inilah 5 buku terbaik untuk anda yang sedang mencari dan membutuhkan buku terbaik di bidang pengembangan diri, bisnis, motivasi dan investasi.

1. Awaken The Giant Within by Anthonny Robbins

Buku Awaken The Giant Within (Bangunkan Kuasa Raksasa di Dalam Diri) ini mengupas tentang Bagaimana caranya segera mengendalikan takdir mental, emosional, fisik, dan keuangan Anda, menyadarkan Anda bahwasanya, pada diri sedirilah yang menentukan hasil akhir kehidupan, karena pada dasarnya, siapapun yang masih waras, sanggup memegang kendali dan menjalani kehidupan dengan sepenuhnya.

Meskipun ini bukan buku petunjuk, namun buku ini sangat layak untuk diibaratkan demikian, sehingga pantas untuk dibaca berulang-ulang setiap kali kehidupan memberikan tantangan baru atau menuntut perubahan arah. Buku ini memberikan peralatan untuk perubahan yang langsung serta pelajaran-pelajaran untuk memperkaya kualitas kehidupan.

2. The Intelligent Investor, karya Benjamin Graham

Diterbitkan pertama kali tahun 1949, buku ini justru semakin diakui sebagai “kitab suci” investasi. Jutaan orang dari seluruh dunia telah membacanya. Puluhan tahun perkembangan pasar pun telah membuktikan keampuhan strategi di buku ini.

Komentar luas dari Jason Zweig membuat karya klasik ini dapat Anda nikmati seiring perubahan sarana investasi dan aktivitas pasar terkini. Zweig menghubungkan prinsip-prinsip Graham dengan berbagai kejadian penting dalam dunia keuangan masa kini. Hasilnya, tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa prinsip-prinsip Graham nyaris selalu terbukti benar.

Graham merintis dan memopulerkan filosofi value investing, yang mengeksploitasi perbedaan antara harga (price) saham dan nilai (value) bisnis di baliknya. Pendekatan ini menggambarkan dengan jelas apa itu investasi dan spekulasi, juga bagaimana mengembangkan strategi jangka panjang dan menghindari kerugian fatal. Berinvestasi lewat saham, obligasi, atau mutual fund? Bagaimana sebaiknya mengatur komposisi portofolio Anda? Apakah kepribadian dan temperamen Anda mengharuskan Anda menjadi investor agresif, atau defensif? Anda bisa menjawab semua pertanyaan ini dengan menyimak saran bijak, panduan analitis, dan kisah-kisah Graham.

Buku ini juga mengungkap segudang data dan fakta dunia investasi/ keuangan sejak awal sejarah pasar saham hingga sekarang. Siapa pun Anda—investor, spekulan, analis sekuritas, penasihat keuangan, CEO, manajer, karyawan, bankir, akuntan, dosen, atau mahasiswa—teramat sayang bila Anda melewatkan buku legendaris ini!

3. The 100 startup

Buku The $ 100 Startup karangan Chris Guillebeau telah dijual dan meraih gelar bestseller dari New York Times dan Wall Street Journal. Secara singkat, The $ 100 Startup merupakan sebuah kitab ”how-to” bagi siapa pun yang mempunyai aspirasi tinggi, kantong tipis, laptop, dan tidak begitu suka otoritas. Sesuai dengan judulnya, Chris berhasil mengungkap bahwa setiap orang dapat memulai bisnis dengan modal hanya USD 100 (Rp 1 jutaan).

The $ 100 Startup tidak menulis kembali sesuatu yang sudah ada, buku ini justru memberikan contoh yang lebih riil untuk mendirikan UKM yang efisien dan kreatif. Ia juga menjelaskan bahwa The $ 100 Startup bukanlah panduan spiritual yang menunjukkan visualisasi pasif atau angan-angan untuk maju. Sebaliknya, penulis mengklaim bahwa apa yang ia tulis berdasar pada “perencanaan, tindakan, dan pengorbanan.”

Apakah anda berencana memulai bisnis dengan modal 1-jutaan, dengan leptop dan internet di rumah atau garasi anda?. Buku ini patut anda baca sebelum benar-benar memulai bisnis tersebut.

4. The Secret of Self Made Millionaire by Adam Khoo

Buku ini menjadi salah satu favorit saya karena telah sukses merubah cara pandang saya terhadap Kekayaan. Buku ini merupakan seri sebelum Secrets of Millionaires Investors yang juga ditulis oleh Adam Khoo dan Conrad Alvin Lim.

Buku The Secret of Self Made Millionaires ini tidak spesifik membicarakan mengenai saham dan Investing, melainkan membicarakan mengenai Self Made Millionaires secara keseluruhan, atau bagaimana membangun kekayaan dengan hasil usaha kita sendiri. Buku ini terbagi menjadi 7 Section, di mana masing-masing section disusun dengan amat cermat dan saling berhubungan antara satu section dengan section lainnya.

Secara singkat buku sangat bagus dan recomended banget, karena penulisnya memaparkan dengan sangat apik, bagaimana seharusnya kita berfikir, berusaha, memulai bisnis, mencari pengahasilan a la milioner dunia, bagaimana investasi yang benar, bagaimana merencanakan keuangan dan masih banyak lagi. Sangat lengkap dan menggugah. Selain itu buku ini juga cocok untuk panduan membangun kekayaan.

5. Think And Grow Rich by Napoleon Hill

Think and Grow Rich adalah karya fundamental sang penulis buku sukses legendaris, Napoleon Hill, rekan sezaman Dale Carnegie. Buku yang pertama kali diterbitkan tahun 1937 ini sekarang tetap sama ampuhnya seperti tiga dasawarsa laludan akan mengubah kehidupan Anda selamanya.

Dalam versi revisi ini, Arthur R. Pell, Ph.D., pakar penerapan filosofi Hill, menyisipkan berbagai anekdot tentang cara para jutawan dan miliarder kontemporer, seperti Bill Gates, Mary Kay Ash, Dave Thomas, dan Sir John Templeton, meraih kekayaan merekasemuanya memberikan contoh penerapan salah satu konsep kunci Hill. Banyak kiat sukses yang Anda baca di berbagai bestseller lain berasal dari buku ini.

Penulis buku ini, Napoleon Hill (1883-1970) adalah seorang penceramah, penulis dan konsultan bisnis yang sukses. Pada akhirnya Think and Grow Rich merupakan buku terlaris sepanjang masa di bidangnya, yang telah menciptakan standar bagi buku-buku pembangkit motivasi sejenisnya.

Oky, itulah 5 buku bisnis, investasi, motivasi dan pengembangan diri yang sangat bagus dan telah sukses merubah kehidupan jutaan orang di seluruh dunia. Bagi yang tidak bisa bahasa inggris jangan khawatir, semua buku di atas sudah ada terbitan versi bahasa Indonesia-nya.

Sebetulnya masih banyak buku menarik lainnya, termasuk yang di tulis oleh-oleh para penulis hebat Indonesia. Tapi 5 buku tersebut saya rekomendasikan karena kebetulan paling sering saya baca. Bahkan hingga berulang-ulang kali.

About Hari JT

Founder of @MitraWisataID | Interest : Tourism, Bisnis, Finance, Hospitality, Internet | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More...

View all posts by Hari JT →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *