Berwisata di Kota Cilacap

Kabupaten Cilacap merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang juga menjadi ibu kotanya. Kabupaten ini berbatasan dengan Brebes, Banyumas, Kebumen serta Ciamis, Banjar dan juga pandangaran.Selain memiliki pesona kekayaan alam, Cilacap juga menyimpan cerita sejarah perjuangan melalui beberapa bangunan kuno yang sudah dijadikan objek wisata.

Beberapa tempat wisata yang ada berada di tempat yang strategis sehingga memudahkan Anda untuk menuju kepusat kota. Anda juga tidak perlu khawatir jika ingin memutuskan untuk menginap di Cilacap, karena banyak sekali hotel yang ada di Cilacap. Untuk mempermudah Andamelakukan pencarian sekaligus pemesanan hotel yang ada di Cilacap, Anda bisa membuka situs traveloka.

Berikut beberapa tempat yang ada di Cilacap, yang mungkin bisa menjadi referensi Anda ketika berada di kota ini.

Pantai Teluk Penyu
Membahas keindahan alam indonesia memang tak akan ada habisnya salah satunya ialah sebuah pantai yang ada di kabupaten cilacap yang bernama pantai teluk penyu. Lokasi ini sangat cocok untuk anda yang ingin merelaksasikan fikiran akibat stress sambil bermain ombak dipantai ataupun bersandar sambil menikmati suara deburan ombak memanjakan telinga anda. Lokasinya berada di kecamatan cilacap selatan yang berjarak 2 kilometer ke ara timur dari pusat kota kabuoaten cilacap yang dapat dituju dengan kendaraan pribadi dan juga umum. Area patai yang membetang dari utara hingga keselatan menyajikan panorama ombak laut yang cukup besar.

Kapal – kapal tanker yang berlalu lalang di pelabuhan tanjung intan serta perahu – perahu nelayan tradisional berlalu lalang di sepanjang pantai teluk penyu. Tiupan angin yang memanjakan tubuh anda sambil memancing di pantai ini merupakan kegiatan liburan yang tepat bagi anda yang suka memancing.

Lebih lengkapnya lagi setelah disini anda wajib menyebrang ke pantai pasir putih yang berada di sebrang pantai teluk penyu tepatnya di pulau nusa kambangan. untuk memasuki ke kawasan pantai pasir putih kita bisa menyebrang dengan kapal sewaan yang tarifnya bisa anda tawar dan hasilnya sesuai kesepakatan anda dengan pengendara kapal anda namun jika malas menawar biasanya tarif yang dibayarkan sekitar Rp 15.000/orang.

Sepanjang perjalanan di laut anda akan disuguhkan pemandangan laut dengan deburan ombaknya yang menggoyang – goyangkan perahu anda pelan. Sesampainya di pantai pasir putih anda harus membayar tiket masuk dan berjalan sekitar 15 menit untuk menuju lokasi utama pantai.pasir putih.

Tak hanya duduk menikmati pemandangan disini anda juga bisa bermain air sambil berenang atau juga membangun istana pasir bersama putra–putri anda yang tentunya akan menambah keeratan hubungan anda dnegan keluarga. Lelah bermain disini juga tersedia tempat makan yang menawarkan berbagai jenis makanan terutama hidangan laut yang berada di sekitar pantai. Ada juga toko aksesoris, cinderamata, souvernir dan juga pakaian–pakaian yang berjejer di tepi pantai yang bisa anda jadikan alternatif lokasi untuk membeli oleh–oleh.

pantai-teluk-penyu-infowisataterbaru
Sumber: Kwiku.com

BentengPendem
Benteng Pendem di Cilacap ini adalah warisan Belanda ketika saat penjajahan dahulu. Dalam bahasa Belanda benteng ini dikenal juga dengan nama “Kusbatterij Op De lantongTeTjilatjap”. Benteng ini berlokasi 0,5 km kearah selatan dari Obyek Wisata Teluk Penyu dan terdapat di atas tanah seluas 6,5 Ha, di kawasan Pantai Teluk Penyu Cilacap. Benteng Pendem ini adalah markas pertahanan tentara Hindia-Belanda yang dibuat secara bertahap pada tahun 1861-1879.

Bangunan Benteng Pendemini tetap kokoh berdiri, dan di kelilingi parit. Tak hanya itu, Benteng Pendem ini pun memiliki 60 kamar/ barak, benteng pengintai, gudang senjata, terowongan, ruang penjara, ruang rapat, ruang amunisi, ruang tembakdan 13 tempat-tempat penting untuk pertahanan yang dikelilingi oleh pagar dan parit serta tertimbun tanah sedalam 1-3 meter.

Disini anda bisa melihat kilas balik bagaimana napak tilas Hindia-Belanda membangun pertahanan di  Nusantara. Anda juga bisa menikmati keindahan tempat wisata ini dengan brmacam fasilitas seperti tempat istirahat, ayunan, kolam pancing dan beberapa patung dinosaurus. serta dari atas benteng pendem, anda pun menyaksikan panorama pulau nusakambangan dengan sangat jelas.

Sumber: klik.cilacap.co.id
Sumber: klik.cilacap.co.id

Kampung Laut
Kampung Laut merupakan lokasi yang wajib disinggahi bagi anda para pecinta hidangan kuliner laut. Kampung ini menjadi lokasi berkembang lobster dan juga kepiting gemes dan tentu saja terdapat berbagai hidangan kuliner laut yang lezat disini. Untuk menuju kemari anda harus terlebih dahulu melewatu Nusa Kambangan lalu menyusuri hutan bakau namun perjalanan yang anda tempuh akan terbayarkan dengan hidangan lezat yang disajikan disini.

Pantai Widrapayung
Pantai ini dulunya pernah terkena bencana tsunami pangandaran pada tahun 2006 lalu. Lokasi pantai ini berada di bagian timur cilacap yang tepatnya berada di kecamatan binangun. Wilayah pantai Widarapayung ini tak terlalu luas namun pantainya yang landai serta pohon kelapa yang berjejer membuatnya begitu enak dilihat dan nyaman untuk disinggahi. Ombak yang cukup besar pun cocok bagi anda yang menyukai olahraga air berselancar. Sebuah klub berselancar pun ada disini serta pantai ini juga merupakan lokasi untuk surf contest national yang bertema widrapayung surf contest pada tahun 2010 silam.

Oke, traveller! Itulah tempat wisata yang ada di Cilacap yang bisa Anda jadikan tempat referensi berjalan-jalan di Cilacap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *