Inilah Rahasia Yang Mejadikan Orang Kaya Semakin Kaya?

“Sekolah yang tinggi, cari pekerjaan bagus, bekerja keras dan menabung, beli rumah, lunasi hutang, dan berinvestasi jangka panjang di bursa saham.”

Apakah sampeyan familiar dengan nasehat semacam itu?. Wajar kok, ternyata nasehat yang sama juga lumrah di kalangan masyarakat US sana.

Masalahnya adalah ternyata nasehat itu bukanlah cara tepat untuk menjadi ‘the rich’. Bukan rute perjalanan yang benar kalau sampeyan ingin hidup tajir.

Setidaknya begitulah pesan ‘ayah kaya’ pada penulis buku top dunia keturunan Jepang, Robert Kiyosaki seperti yang ia ceritakan dalam bukunya yang berjudul “Why the Rich Are Getting Richer: Apa Sebenarnya Pendidikan Keuangan Itu?”

Nah, tulisan ini akan mengulik lebih dalam tentang isi dari buku itu. Meski terbilang baru, saya yakin isi buku ini bersifat timeless : akan selalu relevan hingga akhir jaman. Saya merasa sangat beruntung bisa menemukan dan melahap buku tersebut.

Seperti karya-karya Kiyosaki lainnya, buku ini agak menantang dan bisa membantu mengubah cara pikir jutaan orang di seluruh dunia tentang uang.

Di dalam buku ini, Robert menelanjangi nasehat dan keyakinan sebagian besar dari kita dan orang-orang tua kita mengenai ajaran untuk sekolah, bekerja keras, menabung, membeli rumah, keluar dari utang, dan berinvestasi untuk jangka panjang di pasar modal sebenarnya adalah nasihat keuangan terburuk yang diterima masyarakat.

Sebagai solusinya, penulis mengajak pembaca untuk menemukan apa itu pendidikan keuangan yang sebenarnya, yang tidak pernah diajarkan di sekolah.

Dari buku ini sampeyan akan menemukan pandangan yang masuk akal tentang utang dan uang dari sudut pandang yang berbeda. Dia menarasikan penjelasan mengapa orang yang suka berhemat justru memiliki kesempatan yang lebih kecil untuk sukses. Kenapa penabung adalah pecundang. Kenapa utang dan pajak justru membuat orang-orang kaya semakin kaya.

Sudut pandangnya tersebut terlihat berlawanan dengan pendapat kebanyakan orang yang lebih percaya pepatah ‘hemat pangkal kaya’.

Jika pada dasarnya setiap orang memiliki kesempatan sama untuk menjadi kaya, mengapa hanya segelintir yang mampu mengambil peluang itu? Apakah sistem ekonomi yang berlaku di suatu negara sepenuhnya memengaruhi jalan hidup seseorang untuk mencapai kesuksesan?

Melalui buku ini, Robert Toru Kiyosaki mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dari sudut pandang yang cukup menarik. Buku ini adalah tentang apa yang tidak diajarkan di sekolah-sekolah tentang uang.

Pada akhirnya buku ni adalah semacam Program Pascasarjana Dari rangkaian karya Robert sebelumnya seperti ‘Rich Dad Poor Dad’. Kalau Anda mencari gagasan baru untuk bertahan dan berjuang menghadapi masa depan hidup dan keuangan yang lebih mantap, buku ini harus anda baca.

About Penulis

Penulis adalah Founder dan CEO @MitraWisataID Sebuah Perusahaan Biro Perjalanan Wisata, EO dan Rent Car | Ia juga menaruh minat yang besar pada dunia Tourism, Bisnis, Perencanaan keuangan dan Blogging | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More...

View all posts by Penulis →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *