KESABARAN: Mental Penting Seorang Investor

Investasi Saham bukan cara instan untuk kaya. Tapi cara yang (hampir) pasti bisa menjadikan anda kaya raya. Asal di lakukan dengan mental yang benar. Yup, investasi apapun membutuhkan sikap mental yang benar. Tak terkecuali berinvestasi di pasar saham.

Nah, salah satu mental yang selalu melekat pada semua investor sukses dan kaya raya di dunia adalah KESABARAN. Ini mindset nomor satu yang harus kita tanamkan di pikiran bila ingin mengakumulasi kekayaan dari pasar saham. Kenapa?

Sederhana saja, begitu kita tidak sabaran, kita akan dirasuki nafsu keserakahan. Dan, keserakahan hanya akan membuat kita semakin mudah dan cepat kehilangan uang. Percayalah, ketika kita sudah diselimuti keserakahan, maka kita sangat mudah gelap mata. Hal ini sudah pasti menuntun kita pada kejatuhan. Alih-alih kaya raya, keserakahan akan menjerusmuskan kita pada kebangkrutan. Hal yang sama pernah saya alami tidak hanya dalam investasi tapi juga dalam menjalankan bisnis.

Ya, keserakahan bukan hanya musuh dalam investasi saham tapi juga momok bagi para pelaku bisnis di manapun.

Lalu apa mental utama utama untuk sukses berinvestasi saham?

Untuk ini kita harus belajar dari para ahlinya. Salah satu guru investasi saham dunia, Warren Buffett memiliki kekayaan $ 60.8 miliar. Dan, di Indonesia, Lo Kheng Hong memiliki total kekayaan Rp 2.5 Triliun dari pasar saham. Mereka masih ada di tengah-tengah kita. Menjadi guru hidup yang layak diteladani kalau ingin sukses seperti mereka.

Mereka adalah contoh nyata bahwa berinvestasi di pasar saham dapat membuat Kita KAYA RAYA. Tidak instan tapi hampir pasti.

Baik Warren Buffett maupun Mr. Lo Kheng Hong tidak meraih kekayaan mereka dalam waktu 1 malam. Mereka sukses karena menerapkan prinsip utama berinvestasi yakni SABAR.

Yup, mereka sukses meraih kekayaan miliaran dollar setelah berinvestasi bertahun-tahun secara konsisten. Mereka sangat sabar.

Bahkan penurunan harga saham, kondisi ekonomi dan politik tak pernah menggoyahkan mereka. Beberapa saham dalam portofolio Buffet bahkan tidak pernah ia jual hingga hari ini.

Sementara Lo Keng Hong, butuh waktu 6 tahun baginya untuk mendapatkan profit puluhan ribu persen pada salah satu saham di portofolionya.

Penurunan harga saham (selama fundamental nya bagus) bahkan mereka anggap sebagai KESEMPATAN. Di lain sisi, karena belum memiliki mindset yang tepat, saya masih melihat penurunan harga saham sebagai BENCANA.

Pentingnya Kesabaran Dalam Investasi

Ketika kita membahas tentang investing, salah satu hal paling mendasar yang sangat utama dan penting untuk dimiliki yaitu TINGKAT KESABARAN. Butuh kesabaran dalam menghasilkan keuntungan. Seorang investor tidak melihat pergerakan harga saham setiap hari karena mereka lebih peduli pada nilai. Dan, mereka membeli bisnis bukannya berjudi. Mereka sadar dengan pilihan yang mereka buat dan bersabar.

Dalam investasi, mereka membeli saham karena melihat perusahaan memiliki fundamental yang bagus dan mereka PERCAYA bahwa perusahaan akan menghasilkan kinerja yang lebih bagus lagi ke depannya.

Sementara itu kebanyakan orang (trader khususnya) membeli saham karena melihat chart bahwa saham tersebut akan uptrend dalam beberapa minggu ke depan atau bahkan dalam beberapa jam kedepan.

Ketika berinvestasi, dan saham pilihan mereka menghasilkan return yang belum sesuai ekspektasi, Mereka akan terus BERSABAR, karena mereka paham dan tahu betul butuh waktu untuk mencapai profit yang signifikan.

Buffett memiliki mindset bahwa dirinya mendapatkan penghasilan dari perusahaan, bukan dari pasar saham. Pasar saham hanyalah PERANTARA dalam meningkatkan nilai investasi-nya.

Itulah sebabnya, seorang Value Investor seperti Warren Buffett dan Lo Kheng Hong, mempertahankan saham selama beberapa tahun, bahkan sampai beberapa dekade.

Warrent Buffett pernah mengatakan “Investasi adalah di mana Anda menemukan beberapa perusahaan yang bagus kemudian berdiam diri saja di dalamnya. Terlalu banyak tingkah dalam berinvestasi adalah sebuah kesalahan. Kesabaran adalah bagian dari permainan.”

Buffett juga menyatakan bahwa pasar saham adalah sarana untuk memindahkan uang dari mereka yang tidak sabaran ke investor yang sabar.

Bagaimana Melatih kesabaran Dalam Berinvestasi?

Nah, salah satu cara untuk dapat melakukan latihan kesabaran dalam investasi adalah sebagai berikut:

Bayangkan, ketika Anda membeli saham, keesokan harinya pasar ditutup selama lima tahun. Artinya anda tak bisa melakukan apapun. Latihan ini sangat penting dilakukan, karena memiliki mental yang tepat (KESABARAN) merupakan mental yang benar-benar penting dalam berinvestasi.

Ben Graham dalam bukunya “The Intelligent Investor” mengatakan “investor dengan mental yang tepat menghasilkan lebih banyak profit daripada mereka yang tidak memiliki sifat serupa, meskipun punya pengetahuan yang mumpuni mengenai keuangan, akuntansi, dan pasar saham”.

Saya sendiri hingga hari ini, sejujurnya merupakan seorang swing trader. Namun sejak awal mengenal investasi saham hingga detik ini, saya terus belajar untuk menjadi seorang value investor. Sejak awal saya merasa value investor jauh lebih cocok buat saya ketimbang swing trader.

Saya masih terus belajar menjadi investor yang lebih sabar. Jika dulu saya membeli saham untuk jangka waktu harian dan mingguan, sekarang saya mulai membeli saham setidaknya untuk 1 tahun.

Saya yakin, dengan kedisiplinan menggunakan Value Investing dan SABAR ketika berinvestasi di saham, return yang dihasilkan akan jauh lebih tinggi nantinya.

Bahkan beberapa study membuktikan, untuk sukses di pasar saham, tidak memerlukan kecerdasan dalam menganalisa saham secara luar biasa. Kita hanya memerlukan kecerdasan rata-rata. Yang utama adalah mengal. Ya, mental utama layaknya seorang investor adalah Mental SABAR.

Sabar. Sebuah kata yang mudah sekali diucapkan. Namun butuh kesadaran penuh untuk menerapkannya.

Pada kenyataannya, waktu 1 tahun ternyata tidaklah lama. Buktinya. Ras-rasanya baru kemarin saya memulai bisnis. Dan, tidak terasa ternyata saya sudah menggeluti bisnis hampir 8 tahun. Rasanya baru kemarin saya memiliki armada untuk menunjang layanan rental mobil Bangka. Ternyata saya harus punya catatan yang rapi untuk memantau berbagai jenis armada yang kini kami miliki.

Rasanya baru kemarin saya membuat dan menulis di blog ini setiap minggu. Nyata blog yang anda baca sekarang ini sudah berusia hampir 5 tahun. Yup, ternyata waktu 5-8 tahun itu tidak lah lama.

About Hari JT

Founder and Owner @MitraWisataID | Interest : Tourism, Bisnis, Finance, Hospitality, Internet | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More...

View all posts by Hari JT →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *