Kapan Waktu Terbaik Untuk Memulai Investasi ?

Memiliki penghasilan tetap tentunya menjadi dambaan setiap orang. Sebab dari penghasilan tersebut Anda dapat mempergunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Lalu apakah cukup itu saja yang Anda butuhkan?

Hanya bekerja susah payah, dapat penghasilan dan berakhir dengan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Anda bisa memulai investasi.

Perlu alasan harus berinvestasi bagi Anda agar semakin yakin.

Tidak, hal itu tentunya belum cukup. Masalahnya kita hidup tak hanya beberapa waktu saja, kita juga memiliki keluarga, akan ada masa depan juga yang harus dipikirkan.

Oleh karena itu Anda harus berpikir mulai sekarang untuk berinvestasi. Banyak alasan yang mengharuskan Anda untuk investasi. [Baca juga : 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Investasi Sekarang Juga]

Alasan harus investasi memang banyak dan beragam. Bagi Anda yang sudah memiliki penghasilan tetap dan memiliki kelebihan dalam penghasilan sudah seharusnya mulai sekarang memikirkan untuk berinvestasi.

Mungkin Anda akan berpikir akan banyak resiko yang akan didapat dengan melakukan investasi. Tapi perlu diingat, apapun itu pasti akan ada resiko yang menyertainya.

Makin besar resiko peluang keuntungan pun juga akan semakin tinggi.

Meskipun ada resiko-nya, namun Anda harus tetap berinvestasi. Mengapa?

Ada banyak hal yang menjadi alasan harus berinvestasi. Ada dua alasan utama yang mendasari mengapa orang harus berinvestasi.

Pertama, alasan harus berinvestasi karena adanya kebutuhan di masa mendatang.

Kedua, berkaitan dengan keuntungan dan waktu investasi.

tujuan-keuangan
menentukan tujuan keuangan. Image by : darareksa

Beberapa Kebutuhan di Masa Mendatang yang Mengharuskan Anda Berinvestasi

Ada banyak kebutuhan masa mendatang yang tentunya mendasari investasi dilakukan. Meskipun kebutuhan ini tak bersifat mendesak.

Namun ini penting dilakukan agar kebutuhan masa depan dapat terpenuhi tanpa harus kebingungan untuk mendapatkan dana lain.

Berikut beberapa alasan harus berinvestasi sekarang juga bagi Anda.

Sangat penting bagi bisnis

Bagi Anda yang memiliki bisnis baik besar maupun kecil memerlukan investasi. Mengapa? Sebab berinvestasi akan dapat menumbuhkan modal serta perluasan bisnis Anda.

Dengan berinvestasi, Anda akan mampu menganalisa resiko, memilih guna mengambil resiko, serta kemampuan melihat adanya peluang bisnis.

Anda juga akan dilatih untuk menjadi pengusaha sukses inilah yang jadi alasan harus berinvestasi sekarang juga.

Membiayai kebutuhan keluarga

Kebutuhan keluarga di sini bisa berkaitan dengan pembayaran cicilan rumah, kredit kendaraan, serta dana untuk berlibur, dan lain sebagainya.

Bila Anda berinvestasi atas sebagian penghasilan, maka Anda akan dengan mudah mendapatkan hasil uang yang lebih besar di kemudian hari.

Sehingga semua kebutuhan tersebut dapat terpenuhi.

Biaya pendidikan

Pendidikan menjadi salah satu investasi yang penting. Maka dari itu, penting bagi Anda memperhatikan masalah pendidikan ini.

Apalagi jika anak-anak Anda saat ini tengah mengenyam pendidikan. Penting bagi Anda mempersiapkan dana pendidikan bagi mereka.

Terlebih dana pendidikan di perguruan tinggi sangatlah tinggi. Di mana dari tahun ke tahun biaya pendidikan tersebut terus meningkat. Jadi alasan harus berinvestasi ini tentunya sangatlah urgen demi masa mendatang.

Membiayai pensiun

Alasan harus berinvestasi berikutnya adalah untuk pembiayaan pensiun. Masa ini mungkin masih jauh dari keadaan Anda sekarang ini. Jadi Anda mungkin berpikir masa pensiun masa lama dan tidak perlu memikirkannya sekarang.

Namun hal ini keliru, sebab sudah seharusnya Anda memikirkan masa depan daripada menyesal di kemudian hari.

Anda akan merasa terkejut akan adanya bunga majemuk yang akan Anda terima nanti di masa mendatang setelah melakukan investasi selama belasan tahun.

Jadi bersegeralah untuk memulai investasi yang akan menguntungkan nantinya.

Keuntungan dalam Berinvestasi Menjadi Alasan Kuat Memulainya

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan investasi. Maka dari itu, Anda harus segera berinvestasi  sekarang juga.

Sebab beberapa alasan berikut ini akan menjadikan Anda bersemangat investasi sesegera mungkin.

Memulai investasi lebih cepat, untung lebih banyak

Alasan harus berinvestasi sekarang juga adalah keuntungan lebih banyak. Kebanyakan orang memang seringkali merasa khawatir untuk memulai berinvestasi.

Padahal hal itulah yang akan menghambat kesuksesan dan meraih untung. Semakin cepat Anda memulainya maka keuntungan akan segera diraih pada akhirnya.

Investasi itu mudah

Alasan harus berinvestasi saat ini juga bagi Anda ini karena memulai investasi alias tanam modal itu mudah.

Tak ada kesulitan yang mengikat Anda dalam berinvestasi. Tak perlu bantuan seorang professional untuk mengelola keuangan yang Anda miliki.

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menghilangkan kekhawatiran sebelum memulainya.

Berikutnya, Anda mulai membiasakan diri dengan berbagai hal yang berkaitan dengan investasi yang tengah Anda geluti saat ini. Termasuk bagaimana prosedur yang ada di dalamnya. [Baca juga : Mau Meraih Financial Freedom, Yuk Belajar Investasi Saham]

Memulai investasi itu murah

Berinvestasi tentunya tidak rumit dan sulit. Alasan harus berinvestasi inilah yang akan membuat siapa saja mudah memulai investasi.

Sebab Anda tak memerlukan banyak uang terlebih dahulu atau harus kaya terlebih dahulu. Sebab memulai investasi itu murah dan cepat. Anda tidak harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak.

Misalkan dana pensiun, Anda hanya melakukan setoran kisaran Rp 50ribu hingga Rp 250 ribu.

Bahkan pada sejumlah produk investasi dapat dimulai dari nominal Rp 100 ribu. Ada banyak sekali jenis investasi yang dapat Anda pilih.

Tidak ada waktu sebaik sekarang!

Memulai sesuatu itu memang tidak mudah. Apalagi berkaitan dengan investasi, di mana Anda harus keluarkan dana untuk sesuatu yang mungkin masih Anda ragukan hasilnya. Namun investasi banyak ragamnya dan tentunya masing-masing ada resikonya.

Jadi bagi Anda yang berniat investasi, tak ada waktu yang paling tepat selain sekarang untuk memulai. Sebab memulai sekarang jauh lebih baik ketimbang tidak sama sekali.

Tanpa investasi, kebebasan Anda terancam

Kebebasan Anda akan terancam, itulah salah satu alasan harus berinvestasi sekarang juga. Sebab investasi tak hanya sekadar berupaya menjadi kaya.

Namun lebih dari itu, berinvestasi merupakan satu metode supaya suatu hari nanti Anda dapat mendapatkan kebebasan secara finansial.

Sehingga tujuan hidup nantinya tak akan terbebani oleh masalah keuangan.

Suatu saat Anda pasti akan berhenti bekerja. Lalu bagaimana dengan kebutuhan finansial Anda nantinya saat sudah tak memiliki penghasilan akibat berhenti kerja?

Itulah alasan harus berinvestasi mulai sekarang. Sehingga saat masa pensiun sudah ada persiapan keuangan atau dana pensiun masa mendatang. Sehingga Anda akan tenang.

Bila Anda belum siap akan keuangan di masa mendatang, tentu saja kebebasan Anda tidak akan ada karena terus bekerja sepanjang hidup Anda.

Dari berbagai alasan harus berinvestasi yang telah dikemukakan di atas, tentu Anda akan berpikir bahwa investasi sangat diperlukan.

Sebab kenyataannya, dengan menginvestasikan sebagian dari  penghasilan maka hasil atau untung akan Anda dapatkan tanpa harus bekerja keras sendiri.

Anda tidak perlu repot atau bersusah payah. Hanya dengan investasi, kekayaan Anda terus bertambah. Alasan harus berinvestasi inilah yang akan membuat kesuksesan Anda di masa mendatang.

Bahkan menariknya, bila Anda berinvestasi pada lokasi atau produk yang akan memberikan imbal balik melebihi tingkatan inflasi, maka dapat dipastikan masa depan Anda akan cemerlang nantinya. Ini biasanya berkaitan dengan pasar saham tentunya.

Tapi investasi apapun itu, pastikan kenali semuanya dan pelajari dengan benar.

Mengenali alasan harus berinvestasi saat ini jadi poin penting untuk Anda sebelum memulainya. Sehingga tahu investasi apa yang akan Anda ambil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *