5 Tips Belanja Hemat Bagi Ibu Rumah Tangga

belanja hemat

Seorang ibu rumah tangga merupakan ‘manajer’ dalam keluarga terutama dalam urusan mengatur berbagai kebutuhan keluarga. Peran ibu rumah tangga tidak dapat dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, hargailah kesulitan ibumu di rumah dalam mengurus maupun mengatur kebutuhan keluarga ya.

Ibu rumah tangga perlu untuk sedikit lebih kreatif dalam mengatur belanja agar tidak terjadi pemborosan. Bahkan, ibu rumah tangga bisa membantu dalam melakukan penghematan keluarga sehingga tabungan keluarga bisa semakin cepat terisi.

Nah, berikut ini tips belanja hemat bagi ibu rumah tangga yang bisa kamu bagikan kepada ibumu atau kamu terapkan sendiri:

1. Pastikan dulu tujuan belanja rumah tangga
Hal ini penting untuk dilakukan agar nantinya barang-barang yang dibeli tidak melenceng dari tujuan untuk belanja. Misalnya kalau tujuan belanja hanya untuk kebutuhan dapur selama seminggu, jangan sampai memasukkan kebutuhan lain seperti sabun mandi atau obat nyamuk dalam daftar belanja.

2. Catat dengan detil seluruh kebutuhan belanja
Setelah mengetahui tujuan dari belanja, sang ibu rumah tangga perlu mencatat dengan detil apa saja yang perlu ia beli. Ini berguna agar nantinya barang yang dibeli tidak melenceng dari tujuan belanja semula dan juga menahan godaan untuk membeli barang di luar daftar kebutuhan belanja.

3. Jangan bawa uang terlalu banyak
Dengan mengetahui perkiraan biaya, sang ibu dapat membawa uang secukupnya saja agar tidak tergoda untuk belanja lebih dari yang diperlukan. Namun, jangan membawa uang pas terlalu pas. Bisa saja produk yang ingin dibeli stoknya habis sehingga terpaksa membeli produk alternatif yang harganya lebih mahal. Atau, bisa saja harga produk tersebut sudah naik.

4. Jangan malas untuk membandingkan harga barang
Sebagai ibu rumah tangga yang cermat, perhatikanlah harga produk yang sama di tempat biasa berbelanja dan tempat lain. Meskipun lebih murah, perhatikan apakah kualitas bahan makanan atau produk lain juga sesuai ekspektasi atau tidak. Jangan korbankan kualitas dengan harga yang lebih murah sedikit.

5. Sering up-to-date dengan promo
Nah, mungkin ini tips yang paling ditunggu. Semua orang tentu suka dengan promo karena bisa dimanfaatkan untuk berhemat. Tentunya asalkan promo tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya esensial seperti kebutuhan rumah tangga.

Tulisan yang sangat memikat ini merupakan kontribusi yang ditulis oleh HaloMoney.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *