5 Produk Investasi Terbaik untuk Masa Depan

investasi

Berinvestasi memang tidak mudah. Tapi jelas bukan sesuatu yang menakutkan. Untuk itulah belaja investasi agaknya merupakan lakon yang mesti kita tekuni.

Dengan berinvestasi, kita bisa membangun kehidupan masa depan mulai dari mempersiapkan biaya sekolah anak-anak hingga ke perguruan tinggi, dan menjamin kondisi finansial keluarga Anda diberbagai keadaan tak terduga, hingga memikirkan kehidupan setelah pensiun nanti.

Investi diperlukan guna menata masa depan yang lebih baik. Dan, ini merupakan pekerjaan yang mesti kita seriusi. Bukan apa-apa, tanpa persiapan finansial yang apik, bisa jadi biaya hidup dan pendidikan anak-anak kita bisa berantakan.

Kita tentu tak mau hari tua jadi merana bukan?!. #Amit-Amit

Itulah sedikit alasan kenapa investasi begitu penting. Nah, sebetulnya ada banyak sekali instrument inesvtasi yang bisa kita pilih untuk berbagai tujuan keuangan.

Namun dari sekian banyak instrument yang ada, setidaknya bisa kita saring kembali menjadi lima saja. 5 intrumen ini sudah cukup popular. Jadi 5 produk investasi terbaik untuk masa depan  ini memang layak dipertimbangkan.

Apa saja 5 produk investasi terbaik untuk masa depan itu?

Marilah kita lihat satu per satu.

Saham

Mendengar nama saham, mungkin bagi kita yang tidak bergerak di bidang ekonomi tidak terlalu mengetahuinya. Namun bagi yang bergerak dalam bidang tersebut, barangkali itu sudah diketahuinya sehari-hari.

Lantas apa sih yang dimaksud dengan investasi saham itu?

Apakah itu aman?

Bagaimanakah cara melakukan investasi saham ? [Baca juga : Cara Memulai Investasi Saham]

Secara sederhana, saham bisa diartikan sebagai keuntungan dari adanya patungan dari beberapa pihak untuk usaha yang dijalankan. Sebagai contohnya, ketika kita ingin membuka sebuah usaha, modal yang diperlukan sebanyak 50 juta. Sedangkan modal yang kita miliki hanyalah 35 juta saja.

Untuk melengkapi sisanya sebesar 15 juta maka dicari siapa yang ingin terjun ke dalam usaha tersebut secara berbarengan. Adapun untuk keuntungan nantinya akan dibagi sesuai modal yang diberikan. Namun saham juga memiliki bentuk lainnya dan itu berhubungan dengan Bursa Efek.

Namun jika ingin melakukan investasi dengan saham ini, kita diharuskan mengetahui langkah-langkahnya. Dengan tahu langkah-langkah tersebut, baik saham keuntungan perusahaan atau saham dari pasar modal, kita bisa mendapatkan keuntungan dan minim risiko. [Baca juga : Belajar Investasi Saham]

Tiga langkah ini akan sangat bagus untuk mereka yang masih pemula dan menjadi dasar, di antaranya:

  • Memulai dengan modal yang sedikti saja, jangan terlalu besar. Hal ini bertujuan jika menerima kegagalan maka kerugiannya tidak akan terlalu besar.
  • Jangan membeli kucing dalam karung. Pribahasa ini berkaitan dengan perusahaan yang akan dijadikan sasaran menyimpan saham. Sebaiknya kenali perusahaan tersebut, apakah keuangannya transparan, dipercaya, dan memiliki reputasi baik atau tidak.
  • Bisa mengakrabkan dengan analisis saham. Analisis tersebut memang sangat identik dengan investasi saham. Analisis tersebut akan memperlihatkan apakah saham tersebut sedang naik atau justru turun.

Bisnis Waralaba

Waralaba merupakan sebuah investasi yang mudah dijalankan dan dipahami. Dikatakan seperti itu karena sistemnya sangat sederhana. Secara sederhana, waralaba bisa memiliki pengertian menjalankan sebuah usaha dengan memakai merek dari suatu perusahaan dagang. Adapun sistem keutungannya merupakan bagi hasil/royalti antara pemilik merek dan kita yang menjalankan usaha tersebut.

Jika kita melihat bisnis investasi waralaba yang berskala besar, contohnya adalah rumah makan KFC atau minimarket Alfamart. Untuk menjalin investasi waralaba tipe tersebut, tentunya kita diharuskan memiliki modal yang tidak sedikit.

Namun ada juga waralaba yang skalanya mengengah ke bawah. Untuk waralaba jenis ini bisa kita lihat di beberapa perumahan banyak booth portable yang memiliki merek. Sebut saja ayam goreng tepung Krenchise, Capucino Cingcau, dan lainnya. Modal yang dibutuhkan tidaklah sebesar waralaba yang sebelumnya.

Keuntungan yang diberikan dari investasi waralaba ini adalah kita tidak perlu pemasaran. Dengan merek dagang yang dimiliki oleh pemilik bisnis, itu sudah menjadi jaminan. Selain itu, untuk bahan baku serta rasanya pun sudah disediakan oleh pemilik bisnis.

Investasi Properti

Inilah sebuah investasi yang banyak orang katakan memiliki banyak keuntungan, aman, dan memiliki risiko yang sangat minim. bisnis investasi properti ini semakin ke sini memang semakin banyak saja. Tengok saja di beberapa kota besar, banyak bermunculan perumahan serta apartemen yang baru.

Untuk memulainya memang memerlukan suatu modal yang cukup besar. Namun meski begitu, keuntungannya pun setara dengan modal yang dikeluarkan.

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berinvestasi properti ini, di antaranya:

  • Risikonya cukup rendah.
  • Memiliki kenaikan pendapatan di tiap tahunnya.
  • Bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang.
  • Nilai tambahnya jauh lebih tinggi.
  • Tidak tergerus oleh inflasi.

Investasi Logam Mulia

Sama seperti investasi properti, emas atau logam mulia pun kerap dijadikan sebagai cara terbaik untuk berinvestasi. Selain cukup aman dari inflasi, investasi emas pun cukup mudah dijalankan. Selain itu, yang pastinya juga sangat minim risikonya. Untuk menjalankan investasi emas ini ada dua bentuk, yakni emas perhiasan dan emas batangan atau logam mulia. Jika untuk berinvestasi maka pilihlah berupa emas yang batangan.

Emas batangan merupakan produk investasi yang cukup menguntungkan. Beberapa keuntungan tersebut berupa minim dipalsukan jika membelinya di PT ANTAM, harga cenderung naik, dan memiliki keuntungan yang efektif.

Ada banyak cara untuk menjalankan investasi emas ini. Beberapa cara tersebut ialah:

  • Cara investasi konvensional.
  • Membangun tabungan emas.
  • Investasi emas dengan cara forex.
  • Investasi emas untuk dijadikan sebagai modal sebuah usaha.

 Investasi Reksadana

Satu lagi bisnis yang tergabung dalam 5 produk investasi terbaik untuk masa depan adalah reksadana. Adakah yang sudah mendengar atau memahaminya? Secara sederhana, reksadana ini bisa diartikan sebagai suatu wadah untuk mengelola dana yang disetorkan oleh kita sebagai pemodal. Adapun pengelolaan dana tersebut dilakukan oleh manajer investasi. [Baca juga : Mengenal Investasi Reksadana dan Cara Memulainya]

Bagi yang ingin berinvestasi reksadana ini, sejumlah manfaatnya bisa kita lihat di sini :

  • Pengelolaan dilakukan oleh orang yang profesional.
  • Memiliki infmroasi yang terbuka.
  • Memiliki potensi return yang cukup tinggi.
  • Keamanan yang terjamin.

Nah itulah ulasan mengenai 5 produk investasi terbaik untuk masa depan.

Ada banyak manfaat dari investasi. Selain untuk menjadi penolong ekonomi kita di masa mendatang, juga bisa memacu kita dalam meraih kehidupan ekonomi yang lebih baik lagi. Untuk itulah, kita perlu mendapatkan produk investasi yang tepat dan nyaman kita lakukan.

Sudah punya investasi pada instrumen yang mana nih?

2 thoughts on “5 Produk Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *