5 Perencana Keuangan Favorit di Indonesia

Tidak seperti di negara-negara mapan, profesi Perencana Keuangan masih terbilang baru di Indonesia. Kecuali di kota-kota besar, profesi ini masih terdengar asing bagi sebagian orang. Saya sendiri baru mengenl profesi ini 2 tahun terakhir.

Cukup miris, di saat ‘uang’ menjadi begitu penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita justru jarang sekali belajar tentang keuangan. Tidak jarang ‘uang’ sekan menjadi topik yang dianggap tabu.

Padahal ada banyak sekali alasan positif kenapa sesungguhnya kita semua sangat membeutuhkan jasa mereka. Sangat membutuhkan ilmu tentang ‘duit’. [Baca juga : Yuk, Belajar Perencanaan Keuangan, Agar Sukses Secara Finansial]

Di lingkaran orang-orang yang saya kenal misalnya, sangat jarang ada teman yang mau berbicara atau sekedar sharing terbuka soal uang. Paling-paling hanya seperlunya. Pas perlu pinjaman atau pas ada project.

Oke sebelum tulisan ini mengalir lebih panjang, mari kita telisik dulu.

Perencana keuangan itu mahluk apa sih ?

a man wearing a suit sitting in a desk with a signboard in front

Seorang perencana keuangan adalah profesi yang bertugas membantu individu atau keluarga untuk menyiapkan sebuah rencana keuangan guna memenuhi tujuan keuangan jangka pendek, menengah dan panjang.

Seorang perencana keuangan akan membantu klien-nya untuk memformulasikan tujuan keuangan, membuat prioritas dan membantu menyusun strategi untuk menenuhi tujuan-tujuan keuangan klien-nya.

Seorang perencana keuangan independen akan bekerja untuk kita sebagai klien. Hal ini sesuai dengan kode etik perencana keuangan berlisensi CFP yaitu client first.

Perencana keuangan harus berada dalam posisi untuk tidak memihak atau merekomendasikan produk keuangan tertentu.

Meski tidak semua orang mengenal profesi perencana keuangan (independent financial planner). Jumlah profesi perencana keuangan di Indonesia saat ini sudah lumayan banyak. Tepatnya sekitar 1000-an orang.

Nah, dari sekian banyak perencana keuangan yang ada di Indonesia, terdapat beberapa orang yang sudah sangat popular. Mungkin anda juga sudah mengenal beberapa diantaranya. Bisa dibilang mereka ini para perencana keuangan favorit di Indonesia.

Mereka telah menulis buku. Sering tampil di berbagai media. Banyak melakukan seminar/pelatihan. Menjadi kontributor dan rujukan untuk rubrik perencanaan keuangan di berbagai media, dll.

Saya tidak dalam posisi merekomendasikan mereka untuk Anda.

Tapi, saya terus belajar dari mereka. Saya yakin kepada merekalah seharusnya kita belajar soal uang. Soal duit.

Lah, kepada siapa lagi kita harus belajar kalau bukan kepada ahlinya. Iya kan. Contoh sederhana; Kalau sakit kita pasti cari dokter/rumah sakit bukan?!.

Saya sendiri belum pernah berguru secara langsung. Tapi saya belajar dari berbagai artikel yang mereka tulis. Dari video-video mereka yang beredar di Internet (terima kasih youtube). Dari buku-buku yang telah mereka tulis.

Dari status-tatus sosial media yang mereka miliki dan saya ikuti. Dan, tidak ketinggalan saya juga sangat antusias mengunjungi dan membaca blog para perencana keuangan ini.

Pada kesempatan ini saya ingin menyebutkan sebagian dari mereka yang saya anggap sebagai guru. Mereka adalah para perencana keuangan favorit saya di negeri ini.

Oky….

Inilah 5 prencana keuangan favorit di Indonesia :

#Aidil Akbar
aidil-akbarPakar perencanaan keuangan yang satu ini ada darah Babel-nya. Jadi tida usah heran ya kalau saya favoritkan hehehe

Lahir di Jakarta, Lulus dari SMA 3 Setia Budi. Kuliah di Los Angeles, California, Amerika Serikat tepatnya di Loyola Marymount University S1 lanjut ke Woodbury University S2 dibidang pasar modal sambil kerja jadi Junior Financial Planner di Sun Amerika, jadi stock broker di Ameritrade, General Manager di Lazar & Assoiate, terakhir Financial Advisor di American Express Financial Advisor.

Setelah 9 tahunan di US akhirnya pulang juga ke Indonesia.

Saat ini mengelola Akbar’s Financial Check Up (www.akbarfinancialcheckup.com) secara penuh. Selain itu beliau juga mengajar di Universitas Bina Nusantara (Binus) untuk S2 materi khusus Keuangan (special in Financial Planning) dan mengajar juga di asosiasi International Association of Registered Financial Consultant IARFC-Indonesia (www.IARFC.org).

Ia & teman-temannya juga berhasil men-develop modul Perencana Keuangan Syariah atau dikenal dengan Islamic Financial Planning, yang modulnya sudah mendapatkan pengesahan dari IARFC Head Office untuk diajarkan ke Financial Planner diseluruh dunia.

4 Buku sudah yang ia tulis. Selain itu beliau juga menulis dan mengasuh rubrik di berbagai media nasional dan sering tampil di berbagai TV nasional.

Untuk belajar darinya, saya sering mengunjungi website beliau di www.aidilakbar.com

#Safir senduk
safir-sendukSafir Senduk (lahir di Jakarta, 19 Desember 1973) adalah seorang Perencana Keuangan Independen pertama di Indonesia. Menempuh pendidikannya di TK Kartika Manado, SD dan SMP Al-Azhar Kebayoran Baru Jakarta, SMA Negeri 82 Jakarta serta STIE IBMI Jakarta.

Memiliki sertifikasi sebagai Certified Financial Planner (CFP)[2], Safir Senduk mendirikan Biro Perencanaan Keuangan Safir Senduk & Rekan pada awal tahun 1998. Misi biro ini adalah memberikan edukasi tentang keuangan keluarga kepada masyarakat dan membantu mereka dalam membuat Perencanaan Keuangan.

Beliau juga pengasuh Rubrik di berbagai Media Massa, Penulis 10++ judul buku, serta Pembicara Seminar & Pelatihan tentang Perencanaan Keuangan. Ia adalah Pendiri Kantor Konsultan Perencanaan Keuangan Safir Senduk & Rekan yang saat ini telah memiliki Kantor Perwakilan di Hong Kong & Singapura serta Kantor Cabang di Malaysia.

Untuk menyimak profil lengkap Safir Senduk silakan kunjungi webnya di www.perencanakeuangan.com atau Follow juga twitternya di @SafirSenduk

Ahaa, anda akan tertawa lepas kalau menghadiri seminarnya. Gaya pembawaan maerinya ingan, penuh humor tapi nancep banget.

#Ahmad Gozali
ahmad-ghozaliAhmad Gozali sudah belajar Financial Planning langsung dari pelopornya di Indonesia sejak masih duduk di bangku kuliah. Sempat menjadi PNS setelah menuntaskan pendidikan di bidang akuntansi dan fokus sebagai finasial planner di Safir Senduk & Rekan sejak 2003 sampai 2010.

Menangani banyak sekali kasus yang berkaitan dengan keuangan keluarga, keuangan syariah, haji, pendidikan anak, asuransi dan pensiun. Berpengalaman dalam memberikan seminar dan pelatihan untuk publik maupun karyawan perusahaan baik untuk pengelolaan gaji , persiapan pensiun, maupun pengelolaan golden shake hand.

Pada tahun 2011 Gozali mendirikan Zelts Consulting, konsultan independent finansial planner yang memberikan jasa konsultasi bagi klien individu maupun jasa training dan pelatihan untuk perusahaan yang ingin memberikan edukasi finansial bagi karyawannya. Sesuai dengan nama Zelts yang berarti emas, perusahaan ini memberikan edukasi bahwa setiap orang memiliki golden opportunity untuk bisa sejahtera. Salah satu buku yang pernah ia tulis berjudul Habiskan Saja Gajimu!

Saya belajar dari blog beliau di www.gozali.id dan www.investorpintar.com

#Liqwina Hananto
ligwina-hanantoCita-citanya menjadi bankir. Sudah jadi bankir, akhirnya banting setir menjadi perencana keuangan. CEO Quantum Magna Finance ini berusaha terus- menerus belajar karena akan selalu ada orang yang lebih pintar dari dirinya.

Tanggal 29 September 2003 adalah hari penting bagi Ligwina Poerwo Hananto. Hari itu adalah titik tonggak karirnya dibidang perencana keuangan atau financial planner. Pada hari itu adalah kali pertama ia mendapatkan klien.

‘Untuk Indonesia yang kuat; 100 langkah agar tidak miskin’ karya financial planner yang satu ini telah menjadi buku favorit saya. Ntah berapa kali saya bolak-balik membaca dan berusaha memahami isi buku keren tersebut.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut, cara mengelola keuangan usaha , cara menghitung dana pendidikan anak, dengan sentuhan stand up comedy. Booking jadwal training atau mau belajar soal keuangan dengan beliau kunjungi websitenya di : www.qmfinancial.com

#Prita Ghozie
prita-ghoziePrita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GCertFinPlanning, CFP, QWP, adalah seorang CEO & Financial Planner, financial trainer & speaker, penulis, Dosen FEUI, seorang isteri, dan ibu dari 2 orang anak.

Lulus dari SMU Labschool Jakarta, S1 reguler jurusan akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1998. Pendidikan S2 di University of Sydney School of Business, Australia. Peraih gelar Master of Commerce dengan double major Banking & Accounting. Pendidikan formal S2 untuk bidang Perencanaan Keuangan di Financial Services Institute of Australasia (FINSIA) dan berhasil mendapatkan gelar Graduate Certificate in Financial Planning pada tahun 2003 di Melbourne.

Prita secara tetap mengasuh rubrik dan penulis tetap di berbagai media. Prita juga menjadi nara sumber di berbagai program radio dan tv.

Saat ini, Prita merupakan CEO dan Chief Planner di kantor konsultan keuangan ZAP Finance dimana dia menjadi CFP professional. Prita dan rekan-rekan-nya, memperkenalkan konsep ZAPFIN Your Money untuk mengelola keuangan pribadi. Mereka juga membangun aplikasi untuk membuat rencana keuangan sederhana sendiri yang dapat diakses oleh semua orang di www.zapfinance.co.id

Sebelum di ZAP Finance, Prita merupakan Country Treasury Analyst dan pengurus Dana Pensiun IBM Indonesia di P.T. IBM Indonesia sejak tahun 2005 – 2009.

Selain berkipah di dunia profesional, Prita juga merupakan Staf Pengajar program S1 Reguler untuk Departemen Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sejak tahun 2009. [Baca juga : Cara Sederhana Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Bijak]

There! Itu 5 perencana keuangan favorit di Indonesia versi saya.

Siapa financial planner favorit Anda? Just share in comment!

Sebetulnya masih banyak lagi yang lain, semoga bisa di lanjutkan di lain kesempatan.

Foto profile : dari akun pribadi sosmed & web masing-masing perencana keuangan tersebut.

One thought on “5 Perencana Keuangan Favorit di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *