10 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Investasi Sekarang Juga

Kata investasi mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian besar orang. Bahkan kini banyak investasi-investasi yang ditawarkan untuk mengajak berbagai kalangan agar bersedia bergabung.

Dengan menawarkan berbagai keuntungan besar setiap bulannya, bisnis invetasi mulai ramai diperbincangkan berbagai kalangan. Akan tetapi tak jarang pula investasi yang justru menipu para kliennya sehingga merugikan banyak pihak.

Bagi Kamu yang berkeinginan untuk belajar investasi maka pastikan terlebih dahulu bahwa perusahaan yang menawari investasi merupakan perusahaan yang terpercaya dan telah memiliki reputasi yang bagus.

Jika Kamu yang masih ragu untuk belajar investasi maka tak ada salahnya untuk mencari banyak informasi terlebih dahulu melalui media cetak maupun internet untuk menambah pengetahuan Kamu sekaligus meyakinkan Kamu akan pentingnya investasi.

Pengertian Investasi

Mendengar kata investasi mungkin yang akan muncul dalam pikiran Kamu adalah menanamkan modal dan mendapatkan keuntungan. [Baca juga :]

Akan tetapi pengertian tersebut sebetulnya belum cukup, terlebih bagi para pemula yang ingin belajar investasi maka sebaiknya memahami betul pengertian investasi.

Investasi dapat diartikan sebagai sebuah usaha yang dilakukan oleh seseorang atau badan hukum dalam rangka meningkatkan dan mempertahankan nilai dari modal yang dimilikinya, yang berupa uang, peralatan, aset tidak bergerak, hak atas kekayaan intelektual dan keahlian.

Melalui investasi inilah seseorang atau badan hukum dapat menjalin kerjasama dengan relasi dalam hal ini perusahaan tertentu untuk mendukung kelancaran kegiatan usaha atau bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.

Macam-macam Bentuk Investasi

Setelah memahami pengertian investasi, untuk selanjutnya Kamu harus mengetahui macam-macam bentuk investasi. Dalam belajar investasi, mengetahui macam-macam bentuk investasi merupakan hal yang sangat penting karena dapat membantu Ana untuk memilih jenis aset-aset yang cocok untuk Kamu investasikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Kamu. [Baca juga : ]

Berikut ini akan dijelaskan macam-macam bentuk investasi untuk membantu Kamu dalam belajar investasi.

  1. Reksa dana
    Merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana yang berasal dari masyarakat untuk kemudian dikelola oleh badan hukum yang diberi nama Manajer investasi dan kemudian akan diinvestasikan menjadi aset-aset finansial. Semua dana yang telah terkumpul akan disimpan pada bank kustodian. Reksa dana ini merupakan jenis investasi yang sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki dan terbatas namun ingin belajar investasi.
  2. Mata Uang Asing
    Berbagai jenis mata uang asing dapat dijadikan investasi yang menjanjikan. Investasi mata uang asing dapat memberikan keuntungan yang besar akan tetapi juga memiliki risiko yang cukup besar. Hal tersebut disebabkan oleh nilai mata uang asing di Indonesia tergantung pada jumlahnya permintaan dan penawaran, sehingga dapat berdampak pada nilai tukar rupiah yang fluktuatif.
  3. Properti
    Jikan Kamu memiliki aset berupa rumah atau tanah maka tak ada salahnya untuk mencoba menginvestasikannya dengan cara menyewakan kepada pihak tertentu. Dengan cara ini Kamu akan memeroleh uang sewa atau bisa juga menjual aset properti tersebut dengan harga yang lebih tinggi.
  4. Barang-barang koleksi
    Setiap orang biasanya memiliki barang-barang koleksi baik berupa perhiasan, perangko, benda-benda kuno dan lain sebagainya. Barang-barang koleksi tersbeut dapat dijual kepada orang-orang yang menyukai barang tersebut sehingga biasanya mereka akan bersedia membayar berapapun untuk barang yang mereka sukai.
  5. Saham
    Sudah tak asing lagi menjadikan saham sebagai investasi. Dengan membeli saham pada sebuah perusahaan berarti Kamu membeli sebagian perusahaan tersebut dan Kamu berhak atas keuntungan dari perusahaan berdasarkan kesepakatan yang telah ditentukan sebelumnya.
  6. Emas / Logam Mulia
    Sebagai barang yang berharga, emas merupakan investasi terbaik karena bisa dijual lagi pada saat harga emas tinggi. Harga emas searah dengan inflasi, sehingga semakin tinggi inflasi maka akan semakin tinggi pula harga emas tersebut.
  7. Obligasi
    Obligasi merupakan surat utang piutang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan. Investor akan memperoleh keuntungan berupa bunga dari obligasi tersebut.

Alasan Harus Belajar Investasi mulai dari Sekarang

Belajar investasi sebaiknya dimulai sejak seseorang masih muda agar nantinya dapat menjadi tabungan masa depan yang menjanjikan. Ada banyak jenis investasi yang bisa Kamu pilih terutama bagi para pemula yang ingin belajar investasi.

Bagi Kamu yang masih ragu untuk belajar investasi, maka berikut ini akan dijelaskan alasan harus belajar investasi mulai dari sekarang.

  1. Belajar investasi agar Kamu memiliki kontrol atas investasi
    Dengan belajar investasi maka Kamu akan belajar mulai dari sekarang untuk mengendalikan penghasilan bulanan. Ketika kendali investasi sudah di tangan Kamu maka Kamu bisa mengatur jumlah penghasilan yang ingin Kamu dapatkan.
  2. Membantu mewujudkan impian Kamu
    Usia muda merupakan masa yang bagus untuk belajar investasi. Karena usia muda seseorang memiliki waktu yang lebih banyak, kesempatan dan peluang yang luas, belum memiliki banyak tanggungjawab serta dapat beradapatasi dengan cepat.
  3. Mencapai kebebasan keuangan (financial freedom)
    Dengan belajar investasi, Kamu akan berkesempatan untuk memiliki penghasilan aktif, penghasilan investasi dan penghasilan pasif. Dimana semua jenis penghasilan tersebut dapat membantu meningkatkan taraf hidup Kamu.
  4. Dapat Belajar Mengenai Sistem Kerja di sebuah perusahaan
    Dengan ikut serta investasi saham maka dapat membantu Kamu untuk belajar sistem dalam sebuah perusahaan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan Kamu dan membuat Kamu terus belajar.
  5. Memahami sistem perekonomian di Indonesia
    Dengan belajar investasi maka dapat membantu Kamu untuk belajar mengenai fluktuasi perekonomian di Indonesia. Dengan mempelajari fluktuasi perekonomian di Indonesia maka dapat menambah pengetahuan Kamu mengenai perekonomian di Indonesia meskipun Kamu masih berusia muda.
  6. Membantu Kamu untuk belajar Menanggung risiko
    Dengan belajar investasi maka dapat membantu Kamu untuk belajar menerima berbagai risiko yang terjadi pada investasi yang Kamu lakukan karena tidak selamanya bisnis yang Kamu jalankan akan terus menghasilkan keuntungan.
  7. Dapat melatih kesabaran dalam diri seseorang
    Melalui investasi, seseorang akan belajar untuk bersabar mengikuti perkembangan perekonomian di Indonesia dan bersabar untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya dengan cara memilih strategi investasi yang tepat.
  8. Mengurangi sifat Konsumtif
    Anak muda biasanya cenderung bersifat konsumtif dalam belum bisa mengendalikan diri dalam mengatur keuangan. Dengan belajar investasi, seseorang dapat menyalurkan uang yang dimiliknya ke arah yang lebih tepat yaitu investasi. Dengan investasi inilah meskipun mengeluarkan uang sebagai modal namun akan memperoleh balikan berupa keuntungan.
  9. Mendorong Seseorang Lebih Kreatif
    Melalui investasi, seseorang akan dituntut untuk lebih kreatif baik dalam memecahkan masalah maupun dalam memilih strategi-strategi yang tepat untuk menjalankan investasi agar mencapai profit yang memuaskan.
  10. Dapat mengisi waktu luang untuk hal-hal yang lebih positif
    Jika Kamu memiliki waktu luang yang cukup banyak selain bekerja dan menjalankan tugas-tugas kuliah maka bisa Kamu isi dengan melakukan investasi. Dengan cara inilah waktu Kamu tak terbuang sia-sia begitu saja.

Itulah penjelasan mengenai 10 alasan kenapa kamu harus belajar investasi mulai dari sekarang juga.

Bagi Kamu yang ingin memulai belajar investasi dari sekarang, sebaiknya mulailah dengan memahami pengertian investasi, bentuk investasi dan alasan mengapa Kamu harus belajar investasi agar Kamu semakin yakin untuk melakukan investasi.

Dengan memulai investasi sejak sekarang maka Kamu bisa berkesempatan untuk meraih kesuksesan dan impian Kamu di usia muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *