Batu Belimbing, Objek Wisata Yang Sedang Hits di Bangka

Batu Belimbing, Objek Wisata Yang Sedang Hits di Bangka – Kalau masyarakat Pangkal Pinang Bangka punya pantai pasir Padi sebagai kawasan ‘ancol nya, mungkin pantai Batu Belimbing bisa juga di bilang Ancolnya warga Bangka Selatan. Setidaknya bagi masyarakat sekitar kota Toboali khususnya.

Maklum selain memiliki panorama alam yang indah waktu tempuh yang hanya 10 menit menggunakan mobil atau motor, dari kota Toboali, membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi masyarakat sekitar. Apalagi pantai Batu Belimbing menawarkan banyak sekali spot foto menarik.

Ya, kawasan wisata Batu Belimbing ini, kini jadi tempat wisata Favorit Warga Toboali Untuk Swafoto. Belakangan banyaknya foto yang beredar di jagat maya, membuat pantai juga sudah banyak di incar para pelancong yang sedang menghabiskan waktu liburan mereka di pulau bangka.

Beberapa bulan belakangan, saat waktu senja atau sore hari tiba pantai ini semakin ramai oleh pengunjung.

Batu Belimbing terletak di jalan Pasiban Kampung lalang, Kelurahan Toboali, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, prov kepulauan Bangka Belitung. Bagi anda yang datang dari luar kota, anda harus berkendara sekitar 2-3 jam perjalanan dari Bandara Depati amir atau pusat kota Pangkalpinang.

Lokasi Batu belimbing ada di dekat pemukiman rumah warga. Sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, kawasan batu belimbing ini hanya hutan belantara. Setelah ditemukan batu unik di dalamnya, akhirnya lokasi ini dijadikan sebagai kawasan Geowisata Batu Belimbing.

Perjalanan ke pantai Batu belimbing ini memang cukup panjang di bandingkan dengan kawasan wisata populer lainnya di Bangka seperti pantai parai, pantai tikus, pantai tanjung pesona atau pantai lainnya di daerah pesisir utara Bangka.

Tapi tenang saja, kalau memang anda memiliki durasi liburan yang cukup panjang (minimal 3 hari), anda tidak perlu khawatir kehabisan waktu dan cape di perjalanan. Karena selama perjalanan menuju Batu Belimbing anda bisa singgah terlebih dahu di beberapa objek wisata menarik di bangka tengah yang letaknya satu arah dengan rute perjalanan anda ke Bangka selatan. Selain itu anda juga bisa menikmati suasana hutan asri, perkebunan dan rumah-rumah masyarakat lokal selama perjalanan.

Jadi alih-alih langsung tancap gas dan bosan di perjalanan ke Toboali, Bangka selatan, anda bisa mampir dulu dan menimati objek wisata Bangka lainnya seperti di danau biru Bangka Tengah, wisata hutan mangrove di Desa kurau, wisata pantai arung dalam, pantai sumur 7,

Konon pantai ini dinamai Batu belimbing karena di sini memang terdapat sebuah Batu granit besar yang menyerupai buah belimbing, irisan batunya terbentuk secara alami. Pengikisan karena curah hujan yang terjadi ratusan tahun ini akhirnya membentuk pola lubang yang unik mirip dengan batu belimbing. Selain itu pola bebatuannya juga cukup mirip dengan pola yang ada pada buah belimbing.

Nah, keunikan ini sangat langka dan katanya hanya ada di Toboali, Bangka Selatan selain pantai Romodong Belinyu, Pantai Anambas Riau, Ayer Rock Australia dan Sin zhuan Tiongkok. Baca juga : layanan sewa mobil di Bangka

Di bawah batuan unik itu terdapat pantai batu perahu yang tidak kalah indahnya, dengan pasir putih dan bersih. Tidak heran pantai Batu belimbing menjadi salah satu tempat yang menjadi sektor unggulan pariwisata di Bangka Selatan.

Memasuki kawasan Geowisata Batu Belimbing, pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali. Meskipun tempat wisata ini gratis, jangan lupa tetap menjaga kebersihan.

Hingga kini pemerintah daerah terus berusaha untuk menyususn Detail Engineering Design (DED) di dekat kawasan tujuan wisata yang sesang hits banget di Toboali Bangka Selatan ini. Selain penambahkan akses Infrastruktur di daerah tersebut.

Saat ini sudah banyak tempat-tempat pembuangan sampah di kawasan pantai ini. Namun sayang masih ada beberapa oknum yang corat-coret di beberapa tempat dan cukup mengganggu.

Pemandangan di sekitar kawasan Geowisata Batu Belimbing sangat indah. Banyak tumbuhan hijau yang mengelilingi. Apalagi kawasan wisata ini menghadap langsung ke pantai Batu Perahu. Kalau mengunjungi tempat wisata ini sore hari, kita bisa melihat matahari tenggelam. Tapi perjalanan yang cukup jauh dari pusat kota atau bandara membuat wisatawan dari luar kota jarang bisa menikmati sunset cantik di tempat ini.

Kalau sudah traveling ke pulau Bangka dan tertarik untuk mengunjungi wisata Batu Belimbing dan berbagai objek wisata hits di Bangka lainnya, saya rankan anda menggunakan layanan paket tour Bangka, atau untuk berhemat dan fleksibel bisa juga menggunakan jasa rental mobil Bangka.

About Penulis

Penulis adalah Founder dan CEO @MitraWisataID Sebuah Perusahaan Biro Perjalanan Wisata, EO dan Rent Car | Ia juga menaruh minat yang besar pada dunia Tourism, Bisnis, Perencanaan keuangan dan Blogging | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More...

View all posts by Penulis →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *