About Me

Entah sengaja ataupun tidak, tapi saya ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda ke blog ini.

image

Blog yang ada di hadapan Anda sekarang ini merupakan personal blog. Nama domain muhamad azhari [dot] com dipilih karena sesuai dengan nama asli pemiliknya.

Ini sebuah impian lama yang tak kunjung mewujud. Dan, baru sekaranglah (Minggu, 12 Januari 2014), impian itu menjadi nyata.

Sebetulnya saya mengelola beberapa blog sejak tahun 2007 silam. Tapi sayang, satu-persatu lenyap. Mati tanpa jejak berarti.

Serpihan-serpihan yang tersisa saya simpan di sini dan di sini (JANGAN DI BUKA).

Blog yang sekarang anda baca, saya update setiap awal pekan (kadang molor) dengan sajian renyah seputar dunia travel & tourism, bisnis, investasi dan perencanaan keuangan. Kadang saya juga memuat hal-hal remeh seputar kehidupan. Berbagi pengalaman traveling dan sebagainya. *sebagai selingan*. Sebagian besar geguritan  di blog ini merupakan pengalaman pribadi.

Bersama istri, honeymoon di Bali
Bersama istri, saat honeymoon di Bali 2016

Terus, Hari JT. itu siapa ?

Hari JT adalah nama panggilan saya. Nama ini saya gunakan sejak terjun ke dunia tourism. Selain ngeblog, saya menjalankan usaha di bidang pariwisata. Di sela kesibukan usaha, saya senang traveling, ngopi, baca-baca dan nulis. Saya juga menaruh minat yang besar untuk terus belajar serta berbagi seputar dunia bisnis, investasi dan perencanaan keuangan.

Selebihnya saya senang sharing-sharing dengan teman-teman UMKM lokal (di Bangka Belitung khususnya), guna membantu mereka dalam memulai, membangun, mengembangkan bisnis-nya melalui media online/digital. Beberapa bahkan telah sukses melampui pretasi saya. Saya juga mengasuh Komunitas Blogger Bangka Belitung.

 

Bersama Istri Menikmati Tahun Baru Di Singapura 2017

Dari interaksi dengan klien dan pahit manis membangun bisnis, saya sangat terpacu untuk terus merajut pengetahuan dan berproses sembari berbagi pengalaman melalui blog ini. Tentunya sebatas pengetahuan dan pengalaman yang kebetulan sudah pernah saya cicipi.

Blogging merupakan dunia yang hingga kini telah dan terus memberikan warna tersendiri untuk kehidupan saya.

Notes : Beberapa artikel yang dipublikasikan di Muhamadazhari.com berasal dari sumber lain, namun bukan artikel COPAS melainkan menulis ulang artikel dari sumber tersebut agar lebih mudah dipahami dan sesuai dengan gaya blog ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan/sanggahan, masukan, konsultasi, mau kirim guest posts, kerjasama, iklan, product review jangan sungkan, Kontak saya di : azhariedo@gmail.com

Atau, Silahkan Tulis Pesan Anda Melalui contact form di bawah ini :

Graphic1s

Salam Wisata!.
Hari JT

Anda tunduk pada Disclaimer dalam penggunaan blog ini.

11 thoughts on “About Me

  1. hallo mas hari… salam kenal saya ilham tanjung, saya tinggal di daerah bekasi, tulisan mas hari seketika memberikan suntikan semangat kepada saya, karna kebetulan sekali saya baru merintis bisnis tour&travel 3bulan belakangan ini… nama nya “GARUDA WISATA TOUR&ADVANTURE” maav ya bukan nya promosi, hahaha… jujur saya lebih cocok bekerja di dunia wira usaha dan kalo saya boleh jujur saya merintis bisnis ini nekat sekali, saya blm punya link, partner dan msh minim ilmu, saya hanya belajar singkat kepada salah satu keluarga saya, dan aneh nya saya merasa mengerti di bidang ini,dan kebetulan saya suka advanture jg… akirnya saya bersama istri sepakat merintis usaha ini mas, namun… sedikit waktu terkadang terlintas pikiran “apakah saya mampu???, apakah cukup ilmu???, dan apakah bisnis yang saya rintis ini gulung tikar di akir tahun???” di saat itu lah kadang mental saya terganggu mas hari…, ya karna itu mas jiwa bisnis tapi nekat bgt ingin bergelut di dunia ini,,,, sampai saat ini saya belajar otodidak melihat artikel2 tentang merintis bisnis ini, sampai akirnya saya buka blog mas hari dan di ujung kata ada kalimat “atau sekedar saling sapa” nah saya fikir saya harus berterimakasih atas artikel yang mas hari bikin, ya saya ingin mencari teman seprofesi jg mas agar saya bisa lebih banyak sharing ataupun saya bisa bekerjasama, ya skali lagi terimakasih utk motifasi di artikelnya, jika berkenan saya minta cp mas hari supaya saya bs sharing atau se umpama saya ke belitung saya bs mampir mas… (hormat saya dan salut buat mas hari yang bersedia berbagi informasi…”)

    BY: ILHAM TANJUNG

    1. Salam Kenal mas Ilham
      Saya salut dengan semangat mas Ilham dalam membangun bisnisnya. Semoga makin sukses untuk bisnis travelnya. Amiin. Semoga dapat bersinergi dan bisa bersua.

      Dengan senang hati, untuk diskusi sharing,kerjasama atau sekedar saling sapa, silahkan hubungi saya kapan saja melalui halaman contact saya mas.

  2. Assalamualaikum mas hari, saya seorang ibu RT, sejak lama saya ingin membuka bisnis tour dan travel. Sampai saat ini saya msh terkendala masalah perwakilan disuatu tempat atau negara yang akan dikunjungi,karena saya tidak paham bagaimana negosiasi harga. Mohon bantuan mas hari, terimakasih.

    1. Wass wrwb Ibu Lili
      Semoga usahanya segera terwujud ya bu. Amiin
      Untuk kerjasama dengan perwakilan diberbagai daerah atau negara ada beberapa cara yang bisa dicoba
      1. Bergabung dengan asosiasi T&T seperti Asita, Apindo, PHRI, HPI, ASPPI, dll
      2. Sebagai gambaran, hampir semua T&T lokal/mancanegara punya program dan harga khusus untuk sesama travel agent.

  3. Assalamualaikum Mas Hari, salam kenal dari Lia di Bandung. Saya seorang pemula di bidang tour n travel. Awalnya saya bekerja di suatu travel tp tidak terlalu bnyk ilmu yang bisa saya dapat karena bos selalu tidak pernah mengijinkan saya untuk mengetahui terlalu banyak ttg dunia ini. Tapi setelah saya resign dari kantor tersebut dengan modal nekat saya coba-coba bikin paket wisata walaupun belum terlalu paham. Saya mohon bantuan kiranya mas Hari mau membantu saya untuk lebih mempelajari tentang cara perhitungan paket tour. Terima kasih

  4. Salam kenal Bang Hari,
    Saya dari Surabaya. mau numpang tanya: saya sudah punya paket wisata dalam perencanaan, wisata edukasi yang melibatkan students antara 2 negara, Indonesia & Amerika. Program wisata saya baru berjalan untuk mengantar students ke Amerika untuk summer camp dan colleges tour. kemudian nanti tahun depan bergantian students dari Amerika yang mau ke Indonesia, destinasi yang sudah saya pilihkan adalah Jogja (Borobudur & Prambanan), Banyuwangi (kawah Ijen & perkebunan kopi), dan Manado (tempat penangkaran hewan). Semua destinasi itu pernah saya kunjungi kecuali Manado. Saya juga sudah ada kontak person untuk hotel. Cuma yang saya ingin tahu, karena ini bisnis, bagaimana caranya kita mendapat diskon tiket pesawat/kereta, hotel, dan rent car? Seberapa besar kita biasanya harus menjual balik ke konsumen dari harga2 resmi mereka? Mohon petunjuknya Bang Hari.

    1. Salam Hormat :
      Ms./Mrs Wahyu Titik .H.

      Saya Firdaus dari Pulau Lombok Prov. NTB yg dikenal dengan Pulau Seribu Masjid. jika ibu/ mbak berminta membuka trip pertukaran pelajar ke Lombok bisa hub saya via email : pink91lombokson@gmail.com

      Insya Allah saya mngerti betul tentang Dunia Usaha Perjalanan Wisata.
      How to make Money? I need partner, I really master how to make good profit in travel trips business, but I know nothing about sales n Market

      with blessing
      Pink

  5. Halo Mas Hari,

    Saya seorang pemula usaha Tour and Travel dengan background nihil tentang Tour and Travel dimana saya bisa hubungi anda, saya butuh mentor yang bisa kasih arahan di Industri Tour and Travel, tolong Mas no kontak anda.

    Terima Kasih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *