3 Jenis Asset Paling Penting Agar Hidup Semakin Bermakna

Apa saja Asset paling penting dalam hidup yang mesti kita perioritaskan agar cerita perjalanan hidup kita bener-benar layak di catat dengan tinta emas.

Berikut adalah 3 jenis asset fundamental yang layak Kita kejar dengan penuh kesungguhan. Sebab hanya dengan 3 kekayaan inilah, sejarah hidup kita menjadi semakin bermakna. Apa saja jenis asset tersebut dan seperti apa kiat agar kita bisa meraih 3 jenis kekayaan fundamental itu secara optimal.

Oky, langsung saja kita ulik satu demi satu 3 jenis asset yang amat krusial bagi hidup kita ini.

Asset # 1 : Finansial
Meski ada yang beranggapan bahwa uang itu tidak penting, toh kenyataannya kita membutuhkan duit untuk beli makan, beli pulsa, bayar cicilan handphone, menabung buat DP beli rumah, bayar kontrakan, cicilan kursi, dan persiapan duit buat pernikahan bagi yang masih jomblo.

Asset finansial mau tidak mau merupakan salah satu kekuatan kunci untuk bisa membangun dan menjalani kehidupan yang layak.

Bisa sibayangkan bagaimana mau hidup tenang kalau sepanjang hidup terus dikejar-kejar hutang, tiap bulan gaji hanya numpang lewat dan tak bisa investasi.

Sudah faham kan kenapa asset finansial begitu urgent. Kalau begitu pertanyaannya, berapa batas minimal penghasilan finansial untuk hidup dengan enak dan bisa nikah terus nyicil rumah yang makin mahal.

Itu sih tergantung gaya hidup sampeyan. Yang pasti kalau kita hidup di kota, apalagi kota besar setidaknya sampeyan pasti butuh angka di atas 10 s/d 15 juta per bulan. Sejujurnya angka tersebut sangat realistis dan sangat mungkin kita rengkuh.

Pada tahun 2010 silam saya hidup dengan 300-ribuan per bulan (kiriman orang tua). Pada 2011 – 2013 penghasilan saya hanya mentok di kisaran 1-jutaan per bulan (baru mulai bisnis).

Sekarang Seiring berjalannya waktu, bertambahnya ilmu dan pengalaman, serta kerja keras, keyakinan dan do’a dari orang-orang terkasih semuanya berubah. Dalam 5 tahun penghasilan saya bisa lompat di 1.500-2.000 persen per bulan.

Lah bagaimana kalau penghasilannya masih jauh dari angka ideal tersebut?.

Saya sudah menulis tentang strategi bisnis usaha sampingan dan lain-lain. Kalau masih bingung juga, masih penasaran juga cari aja di google. Saya juga pernah menulis bagaimana menghasilkan omset miliaran melalui blogging.

Sekarang sampeyan pastinya setuju dan tak ingin berdebat lagi bahwa Asset finansial yang cukup merupakan salah satu kunci penting untuk membangun kehidupan yang nyaman dan tentram.

Asset #2 : Intelektual
Sejarah semua bangsa maju menunjukkan bahwa : kebesaran sebuah peradaban selalu ditopang oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan sains. Dan salah satu pilar kunci untuk membangun peradaban sains adalah : hadirnya buku-buku yang berkualitas dan tentu saja tradisi membaca yang kuat di kalangan penduduknya.

Kenapa bisa seperti itu? Studi menunjukkan bahwa : saat kekayaan intelektual seseorang rapuh, maka dia dengan mudah dikibuli.

Meski tidak lagi sekolah ataupun kuliah di kampus, saya masih luangkan waktu untuk untuk membaca majalah, blog-blog berkualitas dan buku-buku bagus. Sebuah kebiasaan yang tetap saya pelihara meski tidak jarang diremehkan oleh sebagian sahabat dan orang-orang terdekat saya sendiri.

Asset #3 : Spiritual
Pada akhirnya, hidup ini kita hanya sementara. Dunia ini nyatanya hanyalah tempat singgah. Ada hal lain yang wajib kita kumpulkan untuk menuju kehidupan sesungguhnya. Asset untuk menuju kehidupan abadi.

Asset spiritual : kita memiliki hubungan baik dengan Sang Maha Pemberi Kehidupan, dan sekaligus terus menebar kebaikan.

Karena saya muslim, kekayaan spiritual antara lain bisa dilakoni dengan ritual : makin rajin sholat 5 waktu dan sholat sunnah lainnya, rutin baca Qur’an, hingga rutin melakukan dzikr dan bersyukur pada Allah atas limpahan karunianya yang tak terhingga.

Salah satu hal sederhana yang sering saya lakukan adalah meluangkan waktu sekitar 3 menit selepas sholat dan sebelum tidur untuk sungguh-sungguh mengucapkan terima kasih pada Allah atas 5 hal kecil yang layak di syukuri di hari itu.

Bukankah ada begitu banyak hal yang kadang kita anggap biasa, padahal momen-momen sederhana semacam itu tetap layak kita syukuri dengan ucapan terima kasih pada Sang Maha Pemberi.

Dus, itulah 3 jenis asset penting yang patut kita perjuangkan dan rwngkuh dalam sejarah hidup kita, yakni : asset Spiritual, asset Intelektual dan Spiritual.

About Penulis

Penulis adalah Founder dan CEO @MitraWisataID Sebuah Perusahaan Biro Perjalanan Wisata, EO dan Rent Car | Ia juga menaruh minat yang besar pada dunia Tourism, Bisnis, Perencanaan keuangan dan Blogging | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More...

View all posts by Penulis →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *